Mata Kuliah dan Prospek Kerja Jurusan Audio Engineering

Apakah kamu suka musik? Apakah Anda suka mendengarkan dan mau membuat musik? Apakah Anda ingin menjadi seorang DJ? Atau Anda ingin ahli dalam penggunaan peralatan sound system? Anda sekarang dapat mempelajarinya secara formal di kampus yang menawarkan program studi Audio Engineering.

Penasaran seperti apa jurusan ini, kuliah apa, prospek kerja setelah lulus ? Mari kita simak di sini.

Apa itu jurusan Audio Engineering?

Jurusan Audio Engineering adalah jurusan yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan teknik audio untuk musik, film dan televisi, seperti mixing dan mastering menggunakan software pengolah audio, penggunaan dan pengelolaan hardware studio audio, teknologi musik digital, teknik perekaman dan editing audio.

Program studi ini hanya tersedia di beberapa lembaga pendidikan audio dan musik di Indonesia dan umumnya hanya berupa kursus singkat, hanya sedikit juga yang menyediakan program diploma dan sarjana untuk program studi ini.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan Audio Engineering

Jurusan ini memiliki banyak mata kuliah terkait pengolahan suara yang akan Anda pelajari. Tidak hanya itu, spesialisasi ini juga akan mengajarkan Anda proses pemrosesan sinyal untuk mencapai kualitas suara. Di bawah ini adalah beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan Teknik Audio;

  • Communication Skill
  • Principle of Sound and Sound Production
  • Teknologi audio
  • Dasar-dasar audio digital
  • Fundamentals of Digital Aurel Perception
  • Studio Production
  • Electronic Music Production
  • Acoustic and Live Sound Production
  • Audio Post Production
  • Manajemen perusahaan rekaman

Prospek kerja untuk lulusan Audio Engineering

Prospek kerja lulusan Sound Engineering sangat tinggi. Lulusan jurusan ini juga banyak diminati di berbagai bidang. Berikut adalah beberapa prospek pekerjaan dari jurusan ini.

Audio engineer

Profesi sound engineer mungkin belum banyak dibicarakan di Indonesia, dibandingkan dengan profesi lain seperti bankir, misalnya. Namun, profesi ini sangat dibutuhkan, terutama untuk melakukan pengolahan suara di studio, baik televisi maupun rekaman. Gaji seorang sound engineer juga cukup tinggi.

Konsultan audio

Lulusan teknik audio juga diberkahi dengan pengetahuan tentang pemrosesan sinyal suara. Hal ini juga diperlukan dalam bidang konstruksi, terutama jika Anda sedang merencanakan pembangunan ruangan kedap suara. Anda bisa menjadi konsultan yang memberikan pengetahuan Anda tentang segala hal yang berhubungan dengan audio untuk menciptakan ruangan kedap suara.

Produser suara

Lulusan jurusan ini juga memiliki keterampilan yang cukup untuk menjadi produser suara. Produser suara masih belum sepopuler musisi atau artis. Namun keberadaan sound producer ini diperlukan bagi musisi atau seniman. Produser audio profesional masih langka di Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *