Tips Mendapatkan Beasiswa YTB Turki Ala Fatih Gazi Education

Sobat Fatih Gazi ada yang berminat mendaftar Beasiswa YTB Turki? Turkiye Burslari Scholarships (YTB) ini merupakan salah satu beasiswa yang paling banyak diminati, lho.

Banyaknya peminat beasiswa YTB Turki ini dikarenakan Turkiye Burslari Scholarships menawarkan dukungan pendidikan yang dibiayai full kepada siapapun yang bukan merupakan warga Turki dan semua jurusan dengan jenjang S1, S2, dan S3.

Untuk mendapatkan beasiswa YTB tentunya kita akan bersaing dengan semua calon penerima beasiswa dari berbagai negara. Maka dari itu, saat mendaftar kita harus ekstra hati-hati dan mengetahui tips and triknya agar bisa lolos.

Lalu, bagaimana tips untuk mendapatkan Beasiswa YTB Turki? Berikut Fatih Gazi Education berikan rahasianya untuk kamu!

1. Catat Deadline Pendaftaran

Beasiswa YTB Turki akan membuka pendaftaran setelah TDV (Türkiye Diyanet Vakfı) selesai melakukan administrasi mahasiswa baru.

Untuk jenjang S1 pendaftaran beasiswa YTB biasanya dilaksanakan pada bulan April-Mei dan jenjang S2/S3 pendaftarannya dibuka pada bulan Februari-Maret.

Hal ini dikarenakan, pendaftaran beasiswa TDV dimulai setiap tanggal 1 Maret sampai 15 April pada setiap tahunnya.

Agar tidak terlambat mendaftar, persiapkan dirimu dari akhir tahun seperti sudah menyiapkan dokumen dan keperluan lainnya.

2. Siapkan Dokumen Pendaftaran

Menyiapkan dokumen merupakan salah satu langkah yang bisa dibilang cukup rumit. Hal ini dikarenakan harus menghubungi pihak-pihak yang bersangkutan.

Selain itu, seleksi administrasi beasiswa biasanya lebih ketat, jadi butuh banyak waktu untuk mempersiapkan agar dokumen yang akan dilampirkan lengkap terpenuhi.

Sebaiknya langkah ini sudah mulai dipersiapkan setidaknya 3 bulan sebelum pendaftaran dibuka. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk menerjemahkan dokumen ke bahasa Inggris juga, ya!

3. Rajin Mencari Informasi

Hal yang satu ini tidak boleh dilupakan, jika ingin mendapatkan beasiswa adalah rajin/aktif dalam mencari informasi.

Rajin mencari informasi sangat penting untuk mengetahui perkembangan beasiswanya. Selain itu, kita bisa mendapatkan berbagai tips  yang sangat berguna saat mendaftar.

Untuk bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa YTB Turki, bisa konsultasikan ke orang yang sudah berpengalaman atau guru, ya!

Jangan lupa juga aktif searching di media sosial, atau stay tune di website dan media sosial Fatih Gazi Education (@fatihgazi_turki) • Instagram photos and videos untuk info ter-update!

4. Jangan Asal Pilih Jurusan!

Jangan sampai menyesal karena memilih jurusan dengan asal demi mendapatkan beasiswa!

Pilihlah jurusan yang sesuai minatmu dan pertimbangkan juga peluang diterima di jurusan dan universitasnya. Sangat disayangkan apabila kita sampai salah memilih jurusan, apalagi dari uang beasiswa.

Beasiswa ini sangat bermanfaat untuk mewujudkan impian kamu. Jadi, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya.

5. Meminta Doa dan Restu Orangtua

Setelah dokumen dan kebutuhan lainnya telah terpenuhi, jangan lupa untuk meminta doa dan restu orangtua.

Karena dalam doa dan restu mereka terdapat ridho Allah yang Insya Allah akan memudahkan urusan kita. Jadi, jangan lupa minta doa ke orangtua, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *