Dipasok Rusia, Turki Akan Jadi Pusat Gas Alam ke Eropa?

Turki menyatakan akan menjadi pusat gas alam untuk Eropa. Berita ini diumumkan usai Turki dan Rusia menjalin kesepakatan  kerja sama.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, dirinya telah sampai kata kesepakatan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin soal masalah gas alam. Turki akan dibangun sebuah pusat penampungan gas yang berasal dari Rusia.

“Putin mengumumkan sendiri kepada dunia bahwa ‘Eropa bisa mendapatkan gas alamnya dari Turki’,” kata Erdogan seperti dimuat AA, Kamis (20/10).

Erdogan menunjukan kekhawatiran terhadap negara-negara Barat di tengah krisis energi. Namun demikian, kata Erdogan Turki tak ada persoalan dengan krisis tersebut.

Minggu lalu, di tengah Konferensi terkait Interaksi dan Tindakan Membangun Kepercayaan di KTT Asia di ibu kota Kazakh, Astana, Erdogan membuat pertemuan tertutup dengan Putin, yang telah mengusulkan pembangunan pusat gas alam di Turki.

Setelah pertemuan itu, Erdogan mengumumkan bahwa Ankara dan Moskow akan bekerja sama dalam membangun pusat gas alam di wilayah Trakia Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *