6 Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Turki

Turki merupakan salah satu negara yang banyak peminatnya, terutama para pelajar. Catat tips berikut jika kamu salah satunya!

Fatih Gazi Education – Fatih Gazi   Turki merupakan satu negara yang banyak diminati baik dari segi wisatanya ataupun pendidikannya.

Untuk menempuh pendidikan di luar negeri perlu persiapan yang matang, sebagaimana dengan kamu yang tertarik ingin melanjutkan kuliah di Turki.

Agar kamu memiliki persiapan yang baik saat akan pergi kuliah di luar negeri, berikut tips yang bisa kamu terapkan.

1. Memilih Jalur Pendidikan

Saat menempuh perkuliahan di luar negeri, tentunya kita dihadapkan pada dua pilihan yakni jalur mandiri atau beasiswa.

Tentu saja ini terkait dengan semua pembiayaan kuliah selama di Turki. Namun, apa bedanya jalur mandiri dan beasiswa?

Pada jalur beasiswa tentunya kamu akan dibiayai dari mulai berangkat ke Turki sampai pulang lagi. Beasiswa Turki yang paling populer adalah Turkiye Burslari Scholarships (YTB).

Sedangkan jalur mandiri, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya sendiri, walapun biaya kuliah di Turki terkenal murah dibandingkan biaya kuliah di Indonesia.

2. Kelengkapan Dokumen

Bagi pelajar yang ingin kuliah di Turki, kelengkapan dokumen tentunya sangat penting. Kamu harus meyiapkan paspor, pas photo yang diambil dalam waktu 6 bulan terakhir, transkrip nilai, Ijazah ataupun SKL.

Untuk jalur mandiri dokumen yang diperlukan bisa lebih banyak lagi. Misalnya, sertifikat-sertifikat, essay, surat rekomendasi dan lain sebagainya.

Ada baiknya, dokumen-dokumen tersebut harus mulai kamu urus dari sekarang kelengkapannya. Mari dengan memulai langkah awal dengan membuat paspor.

3. Memilih Universitas

Untuk kamu yang ingin kuliah di Turki, harus rajin-rajin mencari informasi universitas mana yang akan menjadi pilihanmu.

BACA JUGA  4 Fakta Mahasiswa Indonesia Yang Kuliah di Turki

Karena jalur masuk setiap universitas berbeda-beda. Ada yang seleksi masuknya memerlukan ujian YOS, ada juga yang menggunakan nilai SAT, dan ada juga yang menggunakan nilai ijazah.

Misalnya Boğaziçi University, merupakan salah satu universitas favorit di Turki. Jalur masuknya adalah dengan menggunakan nilai SAT. Apa itu SAT?

Scholastic Assessment Test (SAT) adalah tes seleksi masuk perguruan tinggi di luar negeri. Jika kamu ingin masuk Boğaziçi University persiapkan nilai SAT juga, ya! Karena nilai Ijazah saja tidak cukup.

Sama dengan Istanbul University. Universitas ini hanya menerima mahasiswa melalui ujian YOS yang mereka laksanakan. Di universitas ini tidak ada cara lain, selain dengan mengikuti ujian YOS.

Ujian YOS adalah ujian tertulis, dengan banyaknya sejumlah delapan puluh soal. Terbagi menjadi dua kategori soal; matematika dan tes IQ. Tempat tesnya pun tak bisa diadakan sembarangan, tetapi biasanya terletak di Jakarta.

4. Konsultasi dengan Yang Berpengalaman

Pengurusan dokumen untuk kuliah di Turki terbilang cukup sulit, maka dari itu kamu harus ekstra teliti dalam kepengurusan dokumen, ya! Karena salah sedikit saja, aplikasi kamu bisa ditolak, loh.

Walau pun kamu sudah diterima di universitas, jika dokumen yang telah terlampir tidak lengkap, kamu bisa didiskualifikasi.

Selain itu, proses keberangkatan dan budaya belajar di universitas tujuan bisa jadi memiliki budaya yang berbeda.

Maka dari itu, pastikan kamu bertanya dengan yang berpengalaman. Bisa dengan kakak-kakak yang sudah kuliah disana, ikut komunitas atau agen persiapan kuliah di Turki dengan Fatih Gazi Education – Fatih Gazi.

5. Nilai Akademik

Setelah berkonsultasi dengan yang lebih berpengalaman dan menentukan universitas tujuanmu, saatnya untuk kamu mempersiapkan nilai terbaik.

BACA JUGA  11 Universitas di Ankara, Turki

Jika ingin masuk universitas dengan jalur SAT, maka persiapkan nilai SAT terbaik. Misalnya ada beberapa universitas seperti Hacettepe University atau Orta Dogu Teknik University yang mempunyai nilai SAT 1 minimal 1200/1600.

Atau bisa juga jika ingin masuk universitas dengan jalur YOS maka banyak-banyak belajar matematika dan IQ, ya!

Ikut kursus persiapan YOS. Orang-orang dari luar negeri yang lain memiliki jadwal  ujian YOS bulan April, maka mereka kursus YOS dari bulan November tahun sebelumnya.

Jika kamu ingin yang lebih mudah adalah masuk universitas lewat jalur berkas. Cukup siapkan saja ijazah atau SKL dan transkrip nilai.

6. Daftar Lembaga Pembinaan

Sangat disarankan untuk kamu bergabung di lembaga pembinaan selama kuliah di Turki. Bergabung dengan lembaga pembinaan akan membuatmu lebih mudah dan tidak khawatir kuliah di negeri orang yang jauh dari orang tua.

Kamu tidak perlu repot mencari tempat tinggal, atau memikirkan pendaftaran universitas yang memerlukan banyak berkas karena semua akan diurus oleh Lembaga. Bagaimana, lebih mudah bukan?

Mari bergabung bersama siswa dari Fatih Gazi Education – Fatih Gazi.

Selain dibimbing secara professional, lembaga seperti Fatih Gazi tentunya akan memudahkan kamu menghadapi segala tantangan kuliah di Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *