SERING JADI INCARAN MAHASISWA, BERIKUT UNIVERSITAS NEGERI TERBAIK DI TURKI!

Sobat Fatih Gazi, mungkin masih bingung ingin memilih universitas untuk kuliah di Turki? Nah, kali ini Fatih Gazi akan merekomendasikan universitas negeri terbaik di Turki. Lembaga Pendidikan tinggi di Turki terkenal relatif berkualitas tinggi dan banyak program yang diajarkan menggunakan Bahasa Inggris, loh. Yuk, simak  artikel dibawah ini untuk mengetahui mana universitas negeri terbaik di Turki yang akan menjadi tujuanmu!

ANKARA UNIVERSITY

Universitas Ankara merupakan universitas populer di Turki. Universitas ini menduduki peringkat 450 universitas terbaik di dunia untuk jurusan  kedokteran dan ditempatkan 701+ di QS World University Rankings. Tidak hanya menawarkan akomodasi yang terjangkau bagi mahasiswa Turki dan internasional, Universitas Ankara mempunyai lebih dari 180 klub mahasiswa dan memmiliki banyak sekali fasilitas yang memadai untuk para mahasiswanya. Universitas Ankara juga menawarkan 16 program sarjana dan 18 pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Salah satu penyebab universitas ini cukup popular untuk mahasiswa Indonesia adalah karena Prof. Komaruddin Hidayat merupakan alumni universitas di kota Ankara ini. Tokoh ini dikenal sebagai rektor UIN Jakarta. Universitas ini merupakan universitas pertama yang didirikan Ketika republik Turki dibentuk.

Faktanya, universitas yang satu ini juga universitas yang didirikan oleh Mustafa Kemal Attaturk untuk pertama kali. Selain sebagai alternatif dari pendidikan di Timur Tengah, Ankara University juga dikenal sebagai tempat pendidikan seperti filsafat, juga keilmuan humaniora lainnya. Oleh karena itu, kampus ini sangat popular dan cocok di kalangan mahasiswa Indonesia.

SAKARYA UNIVERSITY

Universitas Sakarya juga menjadi salah satu universitas yang memiliki reputasi internasional yang sangat baik, universitas ini memiliki kerjasama akademik dengan berbagai institusi pendidikan yang berasal dari 20 negara.

Universitas Sakarya merupakan salah satu universitas terbesar di Turki yang memiliki 85.000 mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa Turki, banyak juga mahasiswa dari berbagai negara.

Salah satu keunggulan Universitas Sakarya adalah memiliki jaringan luas di Eropa, bahkan pertukaran pelajar sudah menjadi hal biasa. Jika kamu mahasiswa Indonesia masuk ke universitas ini, maka kamu memiliki kesempatan bagus untuk mengikuti program pertukaran pelajar dengan kampus lain di Eropa.

Sakarya terletak 2 jam dari Istanbul. Fatih Gazi rekomandasikan kampus ini karena memiliki jurusan kedokteran yang terkenal sangat murah karena adanya subsidi dari pemerintah.

ISTANBUL UNIVERSITY

Universitas Istanbul menjadi salah satu universitas terkemuka di Negara Turki. Universitas yang terletak di kota Istanbul, memiliki 20 Fakultas, 3 Institut dan 6000 akademisi ini memiliki bangunan kampus yang menyebar di berbagai sisi masyarakat, sehingga dengan mudah dapat dijangkau.

Universitas Istanbul ini telah didirikan pada tahun 1453 oleh Sultan Utsmaniyah Mehmed II. Universitas Istanbul ini telah resmi menjadi universitas dan memulai pembelajaran pada 18 November 1933. Universitas ini merupakan univeritas pertama dan satu-satunya yang berdiri pada zamannya.

MARMARA UNIVERSITY

Universitas Marmara merupakan salah satu universitas tertua di Turki. Telah didirikan pada 16 Januari 1883 dengan nama Hamidiye Ticaret Mekteb-I Alisi dan dibawah naungan industri Perdagangan dan Pertanian, Kehutanan dan Pertambangan. Universitas ini memulai kegiatan belajar mengajarnya di sebuah rumah di belakang Sekolah Menengah Atas Putri di daerah Cagaloglu, Istanbul.

Dengan kualitas pendidikan yang diberikan dalam lima bahasa yang berbeda pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Teologi, seperti bahasa Turki, Inggris, Prancis, Jerman, dan Arab membuat Marmara University menjadi satu-satunya universitas multibahasa di Turki.

Semoga informasi diatas dapat membantu untuk memilih universitas terbaik yang sobat Fatih Gazi minati, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *