Universitas Dengan Desain Bangunan Yang Unik Di Dunia

Kampus dengan bangunan paling unik di dunia ini benar nyata lho. Bangunan-bangunan tersebut memang mampu memukau siapa saja yang melihatnya.

Di balik fungsinya, keunikan bangunan tersebut adalah sebuah karya seni yang dapat membantu menghidupkan semangat dan ide kreatif mahasiswa. Berikut deretan kampus dengan desain unik di dunia. Apakah ada dari Indonesia gak yaa?

The Diamond, Bangkok University – Thailand

Bangunan Bangkok University terinspirasi oleh bentuk pahatan dan ukiran kristal yang khas. Desain berlian atau kristal dirancang untuk melambangkan misi lembaga untuk membuka kreativitas yang melekat pada mahasiswanya.

Gedung Universitas Bangkok dirancang oleh Architects 49. Secara keseluruhan, ada tiga gedung di mana setiap gedung memiliki ruang untuk melatih minat para mahasiswanya.

Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas seperti perpustakaan, studio musik dan teater. Canggihnya, kampus ini juga dilengkapi dengan pusat inkubasi pengembangan perangkat lunak yang menawarkan kursus terkait keamanan siber, pemrograman komputer, dan pengembangan video game.

University Of Technology Sydney – Australia

Kampus berdesain unik di dunia ini ternyata berasal dari negara tetangga Indonesia yakni Australia. Kampus ini memiliki desain yang agak unik dan mungkin belum pernah ada sebelumnya.

University of Technology Sydney memiliki gedung dengan desain mirip paper bag berwarna cokelat yang biasa digunakan untuk membungkus makanan atau bahan makanan. Bangunan “Paper Bag” ini berfungsi tepat sebagai sekolah bisnis.

Bentuk eksteriornya benar-benar melengkung seperti pembungkus ‘paper bag’. Orang di balik desain unik ini adalah Frank Gehry, pria Kanada-Amerika yang terkenal dengan karya uniknya. Karya unik lainnya yang pernah dihasilkan Gehry adalah Olympic Advertising Pavilion di Barcelona, ​​Spanyol, dan Louis Vuitton Foundation di Paris, Prancis.

University Technology Nanyang – Singapura

Nanyang Technology University memiliki gedung kampus terindah karena memiliki bentuk yang unik. Bangunan ini biasanya berbentuk persegi panjang dengan empat sudut dan menjulang ke atas.

Namun, Universitas Teknologi Nanyang memiliki bentuk bangunan yang tidak memiliki sudut alias melingkar, yang terbagi menjadi beberapa lantai. Semakin tinggi lantai bangunan, semakin besar diameternya.

Kampus ini juga memiliki taman di bagian rooftop. Integrasi taman atap dengan bangunan menunjukkan aksi keberlanjutan yang dipromosikan oleh Universitas Teknologi Nanyang.

Universitas Napier Edinburgh – Edinburgh, Skotlandia

Edinburgh Napier University memiliki gedung kelas yang benar-benar unik. Aula teater di kampus ini berbentuk seperti telur. Bangunan unik ini dibangun pada tahun 1964 dengan desain avant-garde dibandingkan dengan tren saat itu.

Seluruh eksterior bangunan terbuat dari kaca yang menarik perhatian orang yang lewat. Edinburgh Napier University adalah kampus matematikawan dan filsuf abad ke-16 John Napier.

Bahkan, nama kampus ini juga diambil oleh ahli matematika. Bangunan eksklusif milik Edinburgh Napier University ini merupakan contoh desain modern dan trendi.

 

West Union, Duke University – Amerika Serikat

Duke University memiliki desain bangunan kotak kaca yang sangat indah dan mempesona. Gedung kaca ini merupakan gerbang modern menuju gedung kampus asli dengan arsitektur neo-Gothic.

Dirancang oleh studio arsitek Grimshaw, bangunan kaca ini adalah hasil dari perbaikan dan perluasan fasilitas makan yang ada untuk menjadi pusat sosial bagi mahasiswa dan seluruh kampus. Dalam aspek transparannya, bangunan ini tampak hidup melalui berbagai aktivitas dan interaksi yang terjadi di dalamnya.

Weisman Art Museum, Universitas Minnesota – Amerika Serikat

University of Minnesota memiliki bangunan yang cukup unik. Bangunan tersebut adalah Museum Seni Weisman, yang memiliki dua sisi bangunan.

Sisi pertama adalah fasad bata yang menyatu dengan bangunan bersejarah di sekitar museum. Sedangkan sisi lainnya dilapisi dengan lembaran baja yang memiliki desain melengkung dan bersudut.

Bangunan ini unik karena bentuknya yang semrawut dan kesan abstraknya, merupakan aspek yang tidak biasa untuk sebuah bangunan. Namun, sebagai museum seni, bangunan ini benar-benar merepresentasikan seni dengan estetikanya.

Institut Ilmu Molekuler La Trobe, Universitas La Trobe – Australia

Gedung Institut Ilmu Molekuler La Trobe adalah universitas terindah di dunia dan jangan sampai terlewatkan. Gedung institut, yang merupakan bagian dari kampus Universitas La Trobe di Melbourne, terinspirasi oleh struktur molekul yang diteliti di dalam gedung.

Jendela bangunan menyerupai atom yang terikat secara kimia. Sementara itu, pilar bangunannya berbentuk X dan Y yang seperti bentuk Kromosom, Unik Banget Bukan?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *