Tidak Suka Matematika , Pilihlah Jurusan Ini

Siapa yang tidak suka atau bahkan sangat menghindari mata pelajaran Matematika saat sekolah dulu ? Jangan khawatir, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya. Sesuaikan pilihannya dengan minat dan bakat Anda.

Jurusan universitas yang tidak ada matematika biasanya dalam ilmu sosial, bahasa dan seni. Sedangkan jurusan di bidang sains biasanya masih bersinggungan dengan matematika. Jumlah mata pelajaran matematika sesuai dengan kebutuhan jurusan.

Berikut daftar jurusan kuliah tanpa jurusan matematika dan sains dengan matematika paling sedikit.

Jurusan Kuliah Tanpa Matematika

Jurusan Bahasa, Sastra dan Budaya

Biasanya jurusan di Fakultas Sastra dan Ilmu Budaya tidak memiliki mata kuliah matematika atau Perhitungan yang bikin sakit kepala. Anda dapat memilih jurusan seperti Sastra Inggris, Sastra Prancis, Sastra Jepang, dll.

Jurusan Seni

Jurusan seni biasanya fokus pada seluk beluk berbagai seni, seperti tari, teater, dan musik. Dapat dikatakan bahwa jurusan ini bebas dari matematika.

Jurusan Filsafat

Jurusan filsafat fokus pada cara berpikir. Jurusan ini menantang mahasiswa untuk berpikir kritis tentang berbagai hal di dunia.

Sejarah

Dalam jurusan ini, apa yang akan Anda pelajari dan jelajahi adalah berbagai peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga dalam sejarah berbagai negara dan peradaban dunia. Bisa dipastikan ketika Anda kuliah di jurusan ini, Anda tidak akan bersentuhan dengan matematika sama sekali.

Ilmu Komunikasi

Jurusan ini lebih berfokus pada bagaimana berkomunikasi pada level yang berbeda, mulai dari komunikasi pribadi, kelompok, hingga media. Di Jurusan Ilmu Komunikasi, tidak akan ada persinggungan dengan matematika atau aritmatika.

Hubungan Internasional

Di jurusan ini yang dipelajari berkaitan dengan interaksi suatu negara dalam skala global. Selama studi Anda, Anda akan belajar diplomasi, negosiasi, kebijakan luar negeri dan bidang lain yang terkait dengan hubungan internasional. Tentu saja matematika tidak ada dalam daftar mata kuliah HI yang harus dipelajari.

Antropologi

Kursus ini berpusat pada orang-orang dan budaya mereka. Hal-hal yang akan dipelajari selama kuliah di jurusan ini adalah seluk-beluk budaya dan manusia.

Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dan bagaimana manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Yang akan dikaji berkaitan dengan karakter, permasalahan dan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat.

Berikut adalah jurusan sains yang hanya belajar sedikit matematika

Biologi

Diluncurkan dari Brain Academy, jurusan ini mempelajari tentang makhluk hidup, mikroba, dan banyak lagi. Hanya sedikit aritmatika yang akan dipelajari di departemen ini.

Psikologi

Jurusan ini berada di persimpangan sains dan ilmu sosial. Jika Anda mengambil mata kuliah di jurusan ini, Anda tidak akan menemukan matematika di mata kuliah tersebut.

Keselamatan Kerja

Jurusan ini mempelajari masalah evaluasi lingkungan kerja dan manajemennya. Biasanya terkait dengan potensi bahaya seperti risiko kecelakaan kerja. Hanya sedikit matematika dalam kursus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *