Menyesal Masuk Jurusan Kuliah Yang Salah Saat Ini ? Beginilah Solusinya

Calon mahasiswa, memilih jurusan kuliah tidaklah sembarangan karena membutuhkan pertimbangan berdasarkan minat, bakat, dan pandangan terhadap peluang kerja di masa depan.

Tidak jarang jika Anda sembarangan memilih bisa berakibat buruknya jurusan atau tidak menikmati kuliah karena tidak sesuai dengan minat Anda.

Dampak buruknya jurusan juga bisa berakibat fatal, siswa bisa kehilangan semangat belajarnya hingga menghambat kelancaran perkuliahan. Tapi jangan khawatir, mahasiswa yang salah jurusan ada banyak di mana-mana.

Educational Physchologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur mengatakan 87% siswa di Indonesia sebenarnya pernah mengambil jurusan yang salah.

Namun, jarang ada mahasiswa yang jujur ​​pada diri sendiri bahwa mereka kuliah di jurusan yang tidak sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Jadi apa yang harus Anda lakukan jika Anda berada di posisi ini?

Mengutip situs resmi Akupintar, ternyata ada 6 cara yang bisa dilakukan jika Anda sudah salah memilh jurusan:

Terus belajar dan lanjutkan kuliah

Namanya sudah terlanjur, jadi jalankan dulu. Mungkin Anda sudah berada di tahun ketiga atau bahkan telah menulis tesis, Anda merasa bahwa pindah jurusan adalah solusi yang buruk dan buang-buang waktu.

Solusi terbaik adalah melanjutkan studi Anda terlebih dahulu dan selalu percaya bahwa tidak ada pengetahuan yang sia-sia. Tidak ada yang tahu bahwa suatu hari Anda mungkin membutuhkan pengetahuan yang Anda pelajari saat ini dalam masa kerja.

Bergabung dengan organisasi atau komunitas

Jika Anda salah jurusan dan pindah jurusan bukanlah pilihan, ada baiknya Anda bergabung dengan UKM dan organisasi yang sesuai dengan passion Anda.

Jika Anda masih ragu dengan minat dan bakat Anda, Anda dapat bergabung dengan beberapa UKM dan organisasi sekaligus. Ada kemungkinan yang berbeda jika Anda menjadi mahasiswa di jurusan yang salah, Anda mungkin menemukan gairah baru dan bakat terpendam dalam diri Anda.

BACA JUGA  Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Kuliah 2 Jurusan Sekaligus

Pernahkah Anda mendengar istilah gelar ganda? Istilah ini digunakan untuk mahasiswa yang mempelajari dua program sarjana sekaligus. Ada beberapa kampus yang menawarkan program dual degree atau Anda bisa kuliah di kampus lain dengan peminatan yang sesuai dengan passion Anda.

Perlu diingat bahwa belajar untuk gelar ganda bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya biaya yang berlipat ganda, tapi kamu juga harus bisa mengatur waktu agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah, pekerjaan rumah yang terbengkalai, dan kehidupan sosialmu tidak semrawut.

Belajar lagi di jurusan yang berbeda

Apakah mungkin untuk melanjutkan studi setelah lulus program D3, D4 dan S1? Jawabannya tergantung pada perguruan tinggi yang Anda pilih. Beberapa kampus tidak menetapkan batasan usia calon mahasiswa.

Kuliah untuk kedua kalinya mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang, namun pastikan Anda tidak salah memilih jurusan lagi. Untuk mengetahuinya dengan jelas, Anda bisa pergi ke psikolog untuk melihat keadaan Anda dan mengatasi depresi dengan cara yang salah.

Pindah jurusan

Jika Anda sudah tahu pasti jurusan yang sesuai dengan passion Anda dan Anda tidak keberatan membuang waktu beberapa tahun, Anda bisa pindah jurusan.

Anda tidak perlu berpindah kampus karena ada beberapa kampus yang memungkinkan siswa untuk berpindah jurusan setelah semester 1 atau tahun pertama kuliah. Tapi pastikan dulu aturan kampusmu.

Kuliah Magister di Jurusan Berbeda

Tidak ada larangan jika Anda belajar S1 dan S2 di jurusan yang berlawanan. Anda dapat memiliki gelar sarjana di bidang teknik lingkungan dan gelar master dalam komunikasi. Hanya saja, sangat jarang dilakukan jika tidak sesuai dengan pekerjaan yang Anda miliki.

BACA JUGA  Mahasiswa Indonesia di Turki Terus Meningkat. Penasaran Ada Berapa Mahasiswa Saat Ini? Simak Artikel Berikut, Yuk!

Mempelajari dua mata pelajaran yang sangat berbeda memiliki tantangan tersendiri. Tapi bukan tidak mungkin selama Anda yakin itu pilihan yang tepat di dunia kerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *