Ingin Menjadi Dokter Gigi, Inilah Kampus Dengan Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik Di Indonesia

Sejumlah universitas dengan jurusan kedokteran gigi terbaik di Indonesia patut kita telusuri. Bagi calon mahasiswa yang masih bingung memilih jurusan bisa mengikuti kedokteran yang saat ini banyak diminati.

Fakultas Kedokteran Gigi merupakan salah satu fakultas yang tidak pernah kekurangan peminat. Menjadi dokter seringkali menjadi impian anak kecil.

Tentu tidak mudah untuk mencapai hal tersebut karena untuk menjadi seorang dokter profesional, Anda harus mengikuti banyak studi. Banyak perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, memiliki program studi kedokteran.

Berikut 11 universitas dengan jurusan kedokteran gigi terbaik di Indonesia berdasarkan hasil riset SINDOnews:

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada juga dikenal sebagai UGM adalah salah satu perguruan tinggi kedokteran gigi terbaik di Yogyakarta.

Pada tahun 2014, Fakultas Kedokteran Gigi UGM mendapatkan akreditasi A. Tak heran, peminat FKG UGM mencapai 4.000 pendaftar. Berdasarkan data rilis SIR 2021, FKG UGM menempati peringkat 450 dunia.

Selain itu, UGM juga menawarkan banyak fasilitas yang lengkap dan ruang lingkup Departemen Kedokteran Gigi juga mencakup aspek keindahan gigi, gusi dan mulut (estetika).

Universitas Indonesia (UI)

UI selalu menjadi favorit bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan kedokteran gigi.

Merupakan salah satu perguruan tinggi dengan jurusan kedokteran gigi di Indonesia yang telah memperoleh akreditasi A sejak tahun 2014. Universitas Indonesia dapat dikatakan sebagai universitas tertua dengan banyak program studi yang terakreditasi A.

Tak heran, banyak mahasiswa baru yang mengincar Fakultas Kedokteran Gigi UI sebagai pilihan untuk menjadi dokter gigi. Berdasarkan rilis SIR 2021, Fakultas Kedokteran Gigi UI menduduki peringkat 238 dunia

Universitas Padjajaran (Unpad)

Universitas yang terletak di Bandung ini juga memiliki salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia. Fakultas Kedokteran Gigi Unpad memiliki akreditasi A.

BACA JUGA  4 Kampus Singapura Yang Menjadi Favorit Mahasiswa Indonesia , Banyak Beasiswanya

Hal ini membuat banyak calon mahasiswa baru ingin masuk ke sini. Berdasarkan data rilis SIR 2021, Fakultas Kedokteran Gigi Unpad menduduki peringkat ke-479 dunia

Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Gigi Unair merupakan salah satu perguruan tinggi kedokteran gigi terbaik di Jawa Timur. Fakultas Kedokteran Gigi Unair terakreditasi A sejak tahun 2014. Berdasarkan SIR versi 2021, Fakultas Kedokteran Gigi Unair menduduki peringkat 293 dunia.

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas ini juga dikenal memiliki jurusan kedokteran gigi terbaik di Indonesia. Sama seperti universitas negeri lainnya, universitas ini menggunakan sistem kuliah berbasis kelas yang unik.

Besarnya biaya kuliah mulai dari Rp. 500 ribu menjadi Rp. 21,6 juta. Namun khusus bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri juga harus membayar biaya masuk dengan biaya mulai dari Rp. 120 juta menjadi Rp. 150 juta.

Trisakti

Universitas yang berlokasi di Jakarta ini telah menjadi salah satu perguruan tinggi kedokteran gigi swasta terakreditasi A sejak tahun 2015.

Beberapa perguruan tinggi kedokteran gigi swasta memiliki akreditasi A seperti Universitas Trisakti. Berdasarkan data rilis SIR 2021, Universitas Trisakti menempati peringkat 490 dunia.

Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara atau yang sering disebut dengan USU merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia bagian barat.

Salah satu program gelar terbaik yang bisa Anda pilih di Universitas Sumatera Utara adalah program gelar Kedokteran Gigi yang kembali mendapatkan predikat A dalam akreditasi BAN-PT 2017.

Saat ini Fakultas Kedokteran Gigi dengan akreditasi A terdiri dari 10 departemen, yaitu Departemen Kedokteran Gigi Preventif/Kesehatan Gigi Masyarakat, Ilmu dan Teknologi Material, Biologi Mulut, Kesehatan Gigi Anak, Kedokteran Mulut, Periodontik, Kedokteran Gigi Konservatif, Bedah Mulut, Prostodonsia dan Ortodonti .

BACA JUGA  Mata Kuliah dan Prospek Kerja Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Selain itu juga terdapat beberapa UPT (Unit Pelaksana Teknis) dan Unit Radiologi Gigi. Peminat program sarjana kedokteran gigi sebenarnya cukup tinggi, sehingga tidak heran jika kedokteran gigi USU termasuk yang terbaik di Indonesia.

Universitas Jember

Sebagai perguruan tinggi negeri terbesar di Jawa Timur, Universitas Jember juga menawarkan program gelar kedokteran gigi terakreditasi A sejak tahun 2016 yang berlaku hingga tahun 2021.

Kedokteran Gigi Universitas Jember merupakan kurikulum pelatihan kedokteran gigi untuk profesi kedokteran gigi. Di Universitas Jember, Kedokteran Gigi masuk dalam 5 besar program gelar sains dan teknologi paling menarik di SBMPTN 2019.

Dan perlu anda ketahui juga bahwa program sarjana kedokteran gigi Universitas Jember termasuk dalam 10 besar jurusan terbaik di Indonesia.

Universitas Hasanuddin

Dari Jawa Timur, melompat ke Sulawesi selatan adalah Universitas Hasanuddin, Makassar yang juga memiliki jurusan kedokteran gigi yang sudah memiliki predikat A.

Peminat jurusan kedokteran gigi kampus yang berdiri sejak tahun 1956 ini cukup tinggi, terbukti dari SBMPTN 2019, peminatnya mencapai lebih dari 2.000 orang.

Pada awalnya, kedokteran gigi Universitas Hasanuddin adalah Institut Gigi Yos Sudarso, Makassar – sebuah lembaga kerjasama antara Unhas dan Angkatan Laut Indonesia. Sekarang berstatus fakultas sejak tahun 1983, FKG Universitas Hasanuddin sejak tahun 2016.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Berbeda dengan kampus-kampus lain di tanah air, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tidak menempatkan kedokteran gigi di fakultas tersendiri. Jurusan ini masih termasuk dalam kesatuan fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Meski begitu, bukan berarti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tidak memiliki kampus kedokteran gigi yang mumpuni.

Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebenarnya memiliki empat jurusan kedokteran gigi, laboratorium dan perpustakaan sendiri.

BACA JUGA  Mata Kuliah dan Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

Soal kualitas juga tidak perlu diragukan lagi, Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga telah mendapat predikat terakreditasi A dan termasuk salah satu dokter gigi swasta murah di Indonesia.

Universitas Hang Tuah Surabaya

Terakhir, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah, Surabaya. Berlokasi di Jawa Timur, Universitas Hang Tuah Surabaya juga memiliki kualitas jurusan kedokteran gigi yang setara dengan Universitas Jember dan Universitas Airlangga karena memiliki predikat A.

Akreditasi A yang baru saja diterimanya mulai berlaku pada September 2018. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah Surabaya dikelola oleh TNI Angkatan Laut, yang terbagi dalam program studi kedokteran gigi dan profesi kedokteran gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *