Maba Harus Tahu, Inilah 6 Tipe Dosen Saat Mengajar Di Kampus

Selama proses kuliah, pasti kalian akan bertemu banyak guru atau dosen dari berbagai tipe cara mengajarnya. Mengenal karakter dosen harus dilakukan oleh mahasiswa agar dapat mengikuti perkuliahan dengan baik.

Umumnya mahasiswa akan beradaptasi ketika menghadapi dosen dengan karakter tertentu. Tipe-tipe dosen dalam perkuliahan ini hampir tidak sama dengan karakter guru saat mengajar, selain itu keduanya adalah staf pengajar.

Lalu apa saja tipe-tipe dosen di kampus? Pemberitahuan berikut diambil dari akun Instagram resmi Direktorat Jendral Pendidikan Tiinggi, Riset dan Teknologi

6 tipe dosen di kampus:

Tipe Dosen Yang Serius

Dosen tipe ini biasanya selalu fokus pada media pembelajaran seperti buku, papan tulis atau perangkat digital saat menyampaikan materi. Bahkan, mereka juga jarang bercanda saat mengajar di kelas.

Pemberian materi oleh dosen yang serius akan lebih efektif, karena sistem pengajarannya cenderung terkonsentrasi.

Tipe Dosen Yang Gaul

Nah, dosen gaul adalah karakter yang disukai banyak mahasiswa. Memang, mereka menyampaikan materi dalam gaya kekinian.

Selain itu, dosen tipe ini juga mahir dalam teknologi dan mengaplikasikannya selama proses belajar mengajar di kelas.

Dengan cara ini, siswa akan memiliki akses yang lebih mudah ke materi pelajaran menggunakan teknologi. Baik melalui Grup WhatsApp, Google Drive, dll.

Tipe Dosen Yang Suka Becanda

Dosen yang humoris dapat membuat suasana kelas lebih lancar dan menyenangkan, selain itu rasa bosan akan hilang karena lelucon yang mereka buat. Tidak jarang dosen dengan karakter ini menarik perhatian mahasiswa.

Tipe Dosen Yang Selalu Antusias

Saat menyampaikan materi, dosen dengan karakter ini selalu melewati waktu karena sibuk mengobrol dengan mahasiswanya di kelas. Banyak dari mereka menggunakan humor saat mengajar.

BACA JUGA  Jurusan dan Biaya Kuliah di Istanbul University 2022

Biasanya, pembicara yang selalu bersemangat untuk memberikan pekerjaan rumah terikat untuk berpikir kreatif dan out of the box.

Tipe Dosen Yang Penyayang

Nah, tipe pembicara berikutnya adalah welas asih. Saking cintanya, mahasiswa merasa seperti diajar oleh orang tuanya sendiri di rumah.

Dosen tipe penyayang cenderung memberikan catatan yang membuat mahasiswanya bersemangat untuk belajar. Selain itu, mereka juga memberikan motivasi di awal dan akhir perkuliahan.

Tipe Dosen Yang Tegas

Dosen Tegas sering memberikan tugas dengan tenggat waktu untuk pengumpulan tepat waktu. Mereka juga tegas dalam bereaksi terhadap perilaku siswa dan menyampaikan materi di kelas. So, Mahasiswa yang kedapatan diajar oleh dosen tipe ini jangan macam-macam yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *