Memahami 6 Literasi Dasar Agar Anak Sukses Di Masa Depan

Anda pasti sudah sering mendengar atau membaca kata literasi. Ternyata literasi bukan hanya tentang kemampuan membaca dan menulis.

Ada beberapa keterampilan keaksaraan dasar lainnya yang perlu diketahui dan dikuasai orang.

Berdasaekan informasi dari akun Instagram @ditjen.dikti, ada enam keterampilan dasar literasi yang perlu dikuasai, antara lain: membaca dan menulis, berhitung, literasi sains, literasi digital, literasi budaya, dan literasi. keuangan.

Mari kita identifikasi setiap literasi dasar yang perlu diketahui orang-orang.

Literasi baca tulis

Mengutip Gerakan Nasional Literasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), literasi membaca dan menulis adalah kemampuan memahami isi teks tertulis, baik tersirat maupun terucap, serta digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan potensinya.

Menuangkan ide dan gagasan secara tertulis dengan penataan yang baik untuk berpartisipasi dalam lingkaran sosial.

Proses literasi dapat meliputi membaca dan menulis bersuara, membaca dan menulis di bawah bimbingan orang dewasa, membaca dan menulis bersama, membaca dan menulis secara mandiri.

Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan menggunakan berbagai angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

Literasi digital juga merupakan kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk grafik, bagan, diagram dengan menggunakan interpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Literasi digital penting bagi kita untuk memahami dunia yang penuh dengan angka dan data. Selain itu, agar kita dapat berpikir rasional, sistematis dan kritis untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam berbagai konteks.

Terakhir, penguasaan literasi berhitung menjadi penting karena kita adalah warga dunia yang siap menghadapi tantangan abad ke-21.

Literasi Sains

Literasi Sains adalah kemampuan untuk memahami fenomena alam dan sosial yang ada di sekitar kita. Literasi sains adalah kemampuan untuk membuat keputusan ilmiah yang benar sehingga kita dapat hidup lebih nyaman, lebih sehat, dan lebih baik.

Penguasaan literasi sains penting untuk membantu kita berpikir kritis, memecahkan masalah secara kreatif, bekerja sama dengan orang lain, berkomunikasi dengan baik, dan siap menghadapi tantangan abad ke-21.

Literasi Keuangan

Literasi keuangan harus dikuasai. Literasi keuangan adalah pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menerapkan pemahaman konsep, risiko, keterampilan, dan motivasi dalam konteks keuangan.

Literasi keuangan juga harus dikuasai agar dapat mengambil keputusan yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan keuangan. Baik individu maupun sosial dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Literasi Digital

Di era modernisasi, literasi digital harus dikuasai oleh masyarakat. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan media digital secara etis dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.

Literasi digital sangat penting untuk dikuasai karena literasi digital memungkinkan kita untuk berpikir kritis, kreatif, inovatif, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lebih mudah dan berkolaborasi dengan banyak orang.

Literasi Budaya

Pengetahuan dan keterampilan untuk memahami dan menyikapi budaya Indonesia sebagai identitas bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *