Liburan Hemat Dan Menyenangkan, Inilah 9 Tipsnya

Liburan adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Liburan yang menyenangkan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Banyak orang memanfaatkan liburan untuk merilekskan pikiran dan tubuh setelah menjalani rutinitas melelahkan sehari-hari.

Cara menikmati liburan setiap orang berbeda-beda, ada yang memilih menikmati liburan di rumah. Namun ada juga yang memilih untuk menikmati liburannya dengan jalan-jalan ke luar kota atau ke tempat wisata.

Selain menyenangkan, liburan memiliki banyak manfaat. Liburan yang menyenangkan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres. Dengan berlibur, Anda dapat menemukan tempat-tempat baru yang indah yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.

Namun harapan untuk liburan yang menyenangkan bisa hilang ketika Anda melupakan satu atau dua hal penting yang tidak ada dibenak. Untuk itu, Anda perlu membuat daftar hal-hal yang perlu dilakukan selama liburan.

Apa saja to-do list nya? Tak perlu khawatir, berikut beberapa tips liburan seru dan hemat yang Anda butuhkan:

Tips liburan seru dan hemat

Penting agar Anda mencatat dan mempersiapkan hal-hal penting dengan baik sebelum liburan tiba. Coba bayangkan Anda sudah sampai di tempat tujuan, tetapi ternyata Anda lupa membawa charger ponsel. Tentu hal ini akan membuat liburan Anda tidak nyaman bukan? Untuk itu, kamu bisa menyimpan tips liburan seru berikut ini ke dalam to-do list menggunakan aplikasi DoCheck.

Pilih tujuan liburan yang menyenangkan

Tips liburan seru yang pertama adalah menentukan lokasi atau destinasi liburan yang seru. Referensi destinasi liburan seru bisa kamu cari di Internet, sekarang banyak sekali informasi tentang destinasi liburan seru.

Cobalah untuk mencari tujuan liburan yang tidak mainstream. Destinasi liburan yang belum populer bukan berarti tidak memiliki keindahan, saat ini banyak destinasi liburan yang kurang populer namun memiliki sejuta pesona keindahan.

Destinasi liburan yang belum populer biasanya tidak seramai destinasi liburan yang sudah populer dan mainstream. Anda tidak mungkin mengantre untuk mendapatkan tiket masuk, kesulitan mencari tempat parkir, atau berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Namun Anda perlu memperhatikan hal-hal penting seperti jalur menuju venue, jam buka, kondisi atau keadaan di sekitar venue. Carilah destinasi liburan seru yang akan memberikan perspektif baru dan pengalaman liburan yang menyenangkan.

  1. Tentukan transportasi

Mencari tahu moda transportasi mana yang akan digunakan merupakan salah satu tips liburan hemat yang perlu Anda lakukan. Penting untuk menyesuaikan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda merencanakan liburan sendiri atau berpasangan, Anda bisa memilih menggunakan transportasi umum. Menggunakan transportasi umum tentu akan menghemat biaya perjalanan ke tempat liburan Anda.

BACA JUGA  Memahami 6 Literasi Dasar Agar Anak Sukses Di Masa Depan

Menggunakan kendaraan pribadi justru akan memakan biaya lebih. Misalnya, jika Anda berdua menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus membayar bahan bakar, membayar tol, parkir, dll. Namun, jika Anda merencanakan liburan kelompok, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Anda dapat patungan dengan kawan-kawan untuk membayar biaya selama perjalanan ke tempat wisata

Manfaatkan diskon atau promosi

Tips liburan seru dan hemat selanjutnya adalah mencari promo atau diskon. Anda harus berhati-hati saat membeli tiket transportasi dan akomodasi, cari aplikasi pemesanan yang menawarkan harga diskon. Dengan cara ini Anda akan menghemat biaya perjalanan dan akomodasi sehingga Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan hemat.

Pastikan Anda tidak membeli tiket mendekati hari keberangkatan. Anda wajib mempersiapkan dan membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, apalagi jika Anda pergi berlibur di hari libur nasional karena di hari libur banyak orang yang ingin memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur. Mengapa demikian? Karena harga tiket akan meroket karena hari itu atau malah kehabisan tiket.

Buat to-do list barang-barang yang harus dibawa

Untuk membuat liburan Anda menyenangkan, Anda perlu mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa. Untuk ini, Anda dapat membuat daftar tugas menggunakan aplikasi DoCheck. Daftar barang-barang penting yang perlu dibawa seperti charger handphone, dokumen penting, obat-obatan, pakaian cadangan, atau barang-barang lainnya.

Dengan cara ini Anda tidak akan melupakan barang-barang yang perlu dibawa saat liburan. Cross-check sebelum keberangkatan, pastikan Anda sudah mengecek semua daftar barang yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan tidak ada yang terlewatkan atau ketinggalan.

Undang teman untu join

Mengundang teman adalah tips liburan menyenangkan yang tidak boleh Anda lewatkan. Berlibur bersama teman pasti akan sangat menyenangkan, kamu akan merangkai sendiri kenangan indah selama liburan. Mulai dari persiapan sebelum berangkat berlibur, saat melakukan perjalanan, tiba di tempat liburan hingga perjalanan pulang. Anda akan mengalami saat-saat menyenangkan dan hal-hal lucu bersama teman-teman Anda.

BACA JUGA  5 Tips Membangun Interaksi Dengan Orang-Orang Sekitar

Dengan berlibur bersama teman-teman, kamu bisa mengenang kenangan indah bersama di masa depan. Anda dapat menceritakan kisah itu lagi di masa depan. Anda bahkan dapat berbagi cerita liburan lucu dengan teman-teman Anda kepada anak atau cucu Anda di masa depan.

Ajak teman-temanmu sebanyak-banyaknya untuk liburan yang menyenangkan. Ciptakan kenangan indah bersama teman-temanmu!

  1. Duplikat dokumen penting

Penting untuk menggandakan dokumen penting ketika Anda pergi berlibur, baik secara elektronik maupun dalam bentuk hard copy. Ini tentang mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, seperti kehilangan atau kerusakan. Anda dapat menggandakan karti identitas seperti KTP, Paspor  , SIM dll.

Gandakan dokumen penting itu ke laptop atau ponsel, penyimpanan cloud. Jangan lupa untuk menggandakan hard copy dengan memfotokopinya. Simpan dokumen penting itu di tempat yang jarang Anda buka seperti tas. Simpan dokumen penting di tas atau dompet kecil yang terpisah.

Pastikan Anda telah mengatur kata sandi untuk laptop, ponsel, dan penyimpanan cloud untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bawa bahan makanan untuk liburan hemat

Tips liburan hemat dan menyenangkan selanjutnya adalah dengan membawa perbekalan. Anda bisa membawa makanan dan minuman untuk disiapkan saat Anda lapar dalam perjalanan menuju tempat liburan Anda. Membawa bekal makan siang akan menghemat biaya liburan daripada membeli makanan dan minuman di tempat umum dan kawasan wisata. Umumnya harga pangan di tempat umum dan kawasan wisata memiliki harga yang berbeda, lebih tinggi dari harga di tempat biasa.

Harga makanan dan minuman yang lebih tinggi dapat dimaklumi karena vendor harus membayar sewa dan biaya perawatan lainnya. Untuk menghemat biaya makan dan minum, sebaiknya bawa bekal dari rumah.

Selain itu, Anda juga harus membawa botol air minum seperti botol yang dapat digunakan kembali. Umumnya, asrama menyediakan air minum untuk pelanggannya. Anda bisa memanfaatkan air minum isi ulang untuk menghemat biaya liburan. Sehingga Anda bisa mendapatkan liburan yang murah dan menyenangkan.

BACA JUGA  Tips Saat Mengahadapi Ujian Semesteran , Maba Perlu Menyimak Ini

Bawa tas kecil

Tips liburan seru lainnya adalah dengan membawa tas kecil. Mengapa penting membawa tas kecil? Tas kecil digunakan untuk menyimpan barang-barang penting yang sering digunakan saat liburan. Seperti handphone, dompet, charger, obat-obatan, dll.

Anda bisa menggunakan tas bahu, tas selempang atau yang lainnya. Ingatlah untuk selalu membawa tas ini kemanapun Anda pergi. Jangan tinggalkan tas ini di mana saja tanpa pengawasan. Mengingat isi tas kecil ini adalah barang-barang penting Anda.

Menggunakan tas kecil akan memudahkan Anda untuk membawa dompet, ponsel atau barang lainnya setiap saat. Bayangkan ketika Anda menyimpan barang-barang penting dan sering digunakan itu di dalam koper. Anda akan kesulitan mendapatkannya kembali ketika ada pemeriksaan identitas, dorongan untuk membeli sesuatu dengan dompet di dalam koper, dan hal-hal mendadak lainnya.

Hindari berbelanja di tempat wisata

Liburan terasa kurang lengkap jika tidak berbelanja dan membawa oleh-oleh untuk orang tersayang. Souvenir bisa berupa masakan khas daerah liburan, pakaian, topi atau pernak-pernik khas daerah. Tentukan anggaran untuk membeli oleh-oleh sebelum pergi berlibur dan hindari membeli oleh-oleh di tempat wisata. Umumnya, tempat belanja wisata memiliki harga yang lebih tinggi.

Cari tahu di mana menjual suvenir dengan harga lebih murah. Anda dapat melakukan ini dengan mencari di internet dan melihat ulasan, atau Anda juga dapat bertanya kepada staf hostel tempat Anda menginap. Bertanya kepada penduduk setempat juga merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mencari tempat membeli oleh-oleh murah.

Namun, pada umumnya tempat membeli oleh-oleh yang lebih murah letaknya agak jauh dari tempat liburan. Jika Anda membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, tentunya akan sangat menghemat anggaran Anda untuk membeli oleh-oleh.

Ini dia tips liburan seru dan hemat yang bisa kamu terapkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir menikmati liburan hemat dan menyenangkan tanpa khawatir menguras kantong. Pastikan semua daftar tips liburan seru dan hemat di atas sudah dilakukan dan tidak ada yang terlewat. Untuk memudahkan menyimpan daftar, Anda dapat menggunakan aplikasi daftar tugas sosial DoCheck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *