7 Tips Belajar Mahasiswa Baru Agar Mendapatkan Nilai Bagus

Peralihan dari siswa menjadi mahasiswa merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu dan akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kamu yang menjalankannya. Dunia perkuliahan sebenarnya lebih berbeda dengan masa SMA yang tentunya membuat kamu menjadi cukup penasaran dan menantang. Tidak sedikit mahasiswa yang terkadang merasa cemas dan khawatir ketika menghadapi dunia perkuliahan. Jika kamu seorang pelajar, belajar adalah suatu keharusan.

Berikut ini ada 7 tips belajar untuk mahasiswa baru yang bisa kalian ikuti, diantaranya yaitu:

1. Mempersiapkan dengan matang dan me-review mata kuliah

Proses pembelajara di dunia perkuliahan tentunya akan jauh berbeda dengan proses belajar di bangku sekolah. Di bangku kuliah ini, kamu akan merasakan bahwa dosen mengajar materi 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan guru di sekolah. Dosen biasanya mengirimkan rencana materi perkuliahan pada awal semester. Sehingga kamu bisa memperkirakan harus mempelajari apa sebelum kelas dimulai. Jangan lupa pula untuk melakukan review mata kuliah tersebut setelah kelas berakhir. Sehingga kamupun tidak hanya menghafal materi kuliah, namun juga bisa memahaminya.

2. Belajar dengan cerdas

Mulailah belajar dengan cerdas ini dari dalam kelas dan usahakan untuk selalu duduk di barisan paling depan agar dapat meminialisir gangguan yang akan diterima ketika proses belajar mengajar berlangsung. Memilih untuk duduk di baris depan, kamu juga lebih berkonsentrasi mendengarkan dosen dan kamu memiliki kemungkinan untuk dikenal oleh dosen, karena kamu tampak ambisius dalam studi kamu. Kebanyakan mahasiswa terlalu meremehkan proses belajar mengajar di kelas, tak sedikit mahasiswa yang kurang memersiapkan materi kulliah dengan baik sehingga ketika belajar merasakan bosan dan mengantuk di kelas. Pastikan kamu bukan salah satu diantaranya jika mau menjadi mahasiswa berprestasi, ya!

BACA JUGA  Mahasiswa Baru, Beginilah Etika Berkomunikasi Secara Online dengan Dosen

3. Manfaatkan jam kosong

Jadwal kuliah tentunya sangat berbeda dengan jadwal sekolah. Nantinya, kamu pasti akan menemukan jadwal kuliah yang loncat-loncat, misalnya kamu mulai kuliah dari jam 7.00 pagi, nanti kamu baru ada kelas lagi di jam 12.00. Nah, jadwal seperti ini yang akan membuatmu lelah dan bingung harus melakukan apa ketika kost atau rumahmu jauh dari kampus. Di jam kosong seperti ini kamu bisa manfaatkan dengan belajar, atau baca-baca di perpustakaan, bahkan untuk sekedar beristirahat.

4. Perhatikan silabus kuliah

Silabus kuliah merupakan uraian dari dosen mengenai rencana perkuliahan. Hal ini umumnya mencakup sub-bahasan apa saja yang nantinya akan masuk di ujian. Nah, informasi ini tentu sangat berharga untuk para mahasiswa, karena tidak semua bahasan yang ada di buku teks akan dipelajari di kuliah tersebut. Tentunya hal ini akan membuat sistem belajar mengajar kamu menjadi lebih terarah dan silabus inilah yang nantinya akan menjadi acuan kamu untuk bisa mempelajari duluan materi yang akan dipelajari sebelum dosen menjelaskannya. Dengan cara ini, nantinya kamu akan memiliki pemahaman materi terlebih dahulu sebelum mendapatkannya dari dosen.

5. Cari mentor yang hebat

Jika ingin menjadi siswa yang berprestasi, tentunya harus memiliki mentor yang bisa menjadi contoh dari darinya, kamu bisa meminta nasehat bila perlu. Kamu bisa menemukan mentor ini dengan cara membangun relasi dengan mantan siswa berprestasi sehingga lebih jelas saat ingin meminta nasehat bagaimana menjadi siswa berprestasi. Pilihlah orang yang siap membimbingmu di dunia perkuliahan dan jangan lupa nanti, kamu juga harus siap membimbing anak muda yang mau memperjuangkan apa yang sudah diraih. Mentor hebat ada di mana-mana. Itu sebabnya seseorang harus baik secara sosial dan tidak hanya fokus pada studi.

BACA JUGA  10 Tips Mempersiapkan Diri sebagai Mahasiswa Baru

6. Berpikir terbuka

Jika kalian berambisi untuk menjadi salah satu mahasiswa berprestasi, tak perlu ragu karena banyak para mahasiswa baru yang bisa dengan cepat meraih predikat tersebut. Namun, pastikan kalau kalian memiliki pemikiran yang tebuka serta bisa diajak diskusi mengenai berbagai hal. Oleh karena itu, perbanyaklah berdiskusi, tidak hanya dengan teman saja tetapi juga dengan dosen dan seluruh civitas akademika di perguruan tinggi. Diskusi membuka pikiran dan membuat hidup di dunia perkuliahan semakin seru. Dengan memiliki pemikiran yang seperti ini, nantinya kamu pun akan dengan mudah menyerap materi yang diberikan oleh dosen ketika proses belajar mengajar.

7. Inisiatif mencari informasi

Menjadi seorang mahasiswa tentu akan menuntut kamu menjadi pribadi yang lebih manarik. Ini mengacu pada penyebaran informasi penting. Jika dulunya di bangku sekolah kamu selalu.mendapatkan surat pengumuman ketika ada informasi penting maka di bangku kuliah kalian tidak akan mendapatkan surat pengumuman seperti ini. Kamu harus mencari informasi sendiri. Dan perlu kamu ketahui bahwa informasi yang paling penting adalah tanggal-tanggal penting seperti tanggal ujian, penyerahan tugas, kapan harus bayar uang kuliah, dan sebagainya. Jadi tak ada salahnya sempatkan untuk mengunduh kalender akademik dan catat tanggal-tanggal pentingnya.

Itulah 7 tips belajar mahasiswa baru yang bisa kamu terapkan agar bisa meraih predikat sebagai mahasiswa berprestasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *