Sensasi Mengunjungi Kampung Tua di Kota Istanbul, Seperti Masa 700 Tahun Yang Lalu

Terletak di antara dua benua, Eropa dan Asia, Istanbul, Turki adalah tujuan populer di kalangan wisatawan mancanegara. Negara ini menawarkan keindahan dari segi sejarah, budaya dan modernitas kotanya.

Istanbul bukanlah ibu kota Turki, tetapi kota paling populer di kalangan pelancong dari berbagai penjuru dunia. Istanbul sendiri merupakan pusat komersial dan sejarah terbesar.

Khusus bagi pemegang paspor Indonesia, Istanbul sangat mudah untuk dikunjungi. Tidak perlu mengajukan visa, karena visa dibeli pada saat kedatangan di bandara atau menggunakan sistem visa on arrival.

Tak hanya Blue Mosque, Hagia Sophia, Grand Bazaar, dan Taksim yang bisa Anda kunjungi saat berada di Istanbul.

Cobalah pergi ke desa Cumalikizik yang berjarak sekitar 160 km dari Istanbul.

Cumlikizik adalah desa tradisional Turki selama pemerintahan Ottoman. Destinasi wisata ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, lho!

Saat memasuki Cumalikizik, suasana desa tua sangat kental. Mulai dari desain rumah, jalanan berbatu dan bentuk balkon hingga pintu dan jendela masih sama seperti 700 tahun yang lalu.

Cumlikizik sebenarnya dijadikan desa percontohan agar wisatawan dan penduduk Turki khususnya generasi muda dapat melihat dan membayangkan kehidupan pada zaman Ottoman saat itu.

Jalan-jalan sempit Cumalikizik tampak membeku dalam waktu. 270 rumah kayu tua yang berjejer di jalan berbatu yang berkelok-kelok adalah beberapa contoh terbaik arsitektur Ottoman. Masjid yang dibangun pada abad ke-14 ini merupakan kontribusi pertama kekaisaran terhadap seni dan arsitektur Islam.

Sebagian besar rumah hingga saat ini ditempati oleh penduduk setempat dan banyak yang perlu renovasi.

Meskipun sepertinya berlalunya waktu, Cumalikizik sering menjadi lokasi untuk film klasik Turki.

source : https://www.indozone.id/travel/r8s96e7/berkunjung-ke-kampung-tua-turki-merasakan-hidup-di-masa-700-tahun-lalu-seru-dan-takjub/read-all

BACA JUGA  10 Makanan Tradisional Khas Turki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *