Tradisi Terlik Atau Memakai Sendal Dalam Rumah Ketika Bertamu Ke Rumah Orang Turki

Sejarah, makanan, budaya, dan tradisi Turki selalu menarik untuk ditelusuri. Salah satunya adalah kebiasaan menggunakan sandal – sandal khusus untuk interior rumah. Mereka menyebutnya terlik.

Di Turki, siapapun wajib melepas alas kaki saat memasuki rumah. Lalu diganti dengan terlik. Tujuannya agar kotoran yang menempel di telapak kaki dan alas kaki tidak tersebar di sekitar rumah. Penggunaan terlik juga dapat membantu menghangatkan telapak kaki dan badan, terutama di musim dingin.

Setiap rumah di Turki pasti memiliki terlik untuk setiap anggota keluarga. Beberapa pasang bahkan disediakan khusus untuk para tamu. Jadi, jangan heran jika Anda berkunjung ke rumah orang Turki, Anda akan langsung disambut dengan tatapan mata yang mempesona begitu masuk ke dalam rumah. Terlik biasanya juga tersedia di kamar mandi atau toilet.

Terlik digunakan sepanjang tahun. Bahan, model dan kualitas sangat berbeda. Terlik khusus musim panas biasanya terbuat dari kulit dan karet. Meskipun umumnya terlihat seperti sandal, sol atau alasnya tidak tahan lama seperti sandal luar ruangan.

Terlik untuk musim dingin, pilihannya lebih beragam. Umumnya dalam wol, bulu halus atau kutub dan kulit. Terlik tersedia di mana-mana. Mulai dari pedagang kaki lima, pasar tradisional, toko kelontong, supermarket hingga butik mewah. Harga mulai dari 17 TL (Rp 15 ribu) hingga ratusan ribu rupiah.

Budaya menggunakan terlik sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Berawal dari era Kerajaan Utsmani (Ottoman). Saat itu, ini bukan hanya tentang alas kaki dalam ruangan. Namun juga digunakan dalam upacara pemandian Turki (Hammam) sekaligus untuk menggambarkan keadaan seseorang.

Dulu, terlik terbuat dari kayu hias. Seperti kenari atau kayu cendana. Terlik dihiasi dengan perak, mutiara, batu mulia, sulaman, benang emas, dan kerawang. Semakin tinggi hak clicker, semakin tinggi status sosial ekonomi pengguna.

BACA JUGA  Jet F-16 Turki Di Upgrede Menggunakan Sistem Komputer Buatan Lokal

Seiring waktu, terlik digunakan oleh semua lapisan masyarakat. Bagi orang Turki, menyediakan terlik dan memberikannya kepada tamu yang berkunjung ke rumahnya adalah bentuk keramahan. Terlik digunakan oleh pria, wanita dan anak-anak.

 

Sumber : https://www.indozone.id/life/DNsgrPr/bertamu-ke-rumah-orang-turki-harus-memakai-benda-ini-jangan-menolak-ya/read-all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *