Desert Surgawi Ini Ternyata Bukan Dari Turki

Kalian merencanakan liburan akhir tahun di Turki? Jangan lupa untuk mencoba beberapa “Makanan Sultan”, seperti lokum atau Turkish Delight, baklava dan kunefe. Berbeda dengan baklava yang super manis, rasa kunefe adalah paduan asin-manis.

Di Turki, kunefe dibuat dari String Pastry, yaitu adonan tipis seperti menyerupai bihun. Bagian tengahnya diisi dengan dil peyniri, keju Turki yang terbuat dari susu domba dan sapi. Rasanya hambar, teksturnya berserat seperti mozzarella. Kunefe dipanggang dan disajikan dengan sorbet panas, yang merupakan campuran air, gula, dan jus lemon.

Kunefe semakin legit dengan taburan kacang pistachio, es krim atau kaymak, keju krim kocok yang terbuat dari susu sapi. Kunefe selalu disajikan panas, sehingga kejunya meleleh dan kenyal saat dipotong. Sangat lezat sehingga kunefe dijuluki “desert surgawi”.

Asal-usul Kunefe

Pakar kuliner percaya bahwa kunefe diciptakan pada abad ke-7 di kota Damaskus, Suriah. Dikisahkan bahwa Muawiyah bin Abi Sufyan, khalifah pertama dinasti Bani Umayyah, meminta juru masaknya untuk menyiapkan hidangan yang melimpah untuk bulan suci Ramadhan.

Kunefe diciptakan. Kuliner kaya karbohidrat, tinggi gula dan lemak, yang efektif menghilangkan rasa lapar setelah seharian berpuasa. Kunefe yang awalnya hanya dikonsumsi oleh keluarga kerajaan, kemudian populer di seluruh wilayah Suriah.

Versi Turki Kunefe

Di Turki, kunefe adalah makanan khas provinsi Hatay, yang dulunya merupakan bagian dari Suriah. Beberapa resep kunefe ditemukan di Kitab al-tabikh, abad ke-13. Kitab al-tabikh adalah buku masak Arab favorit orang Turki,

Salah satu resep menyatakan bahwa kunefe terbuat dari crepes tipis yang diisi dengan keju segar, dipanggang dalam oven lalu ditaburi sedikit madu dan sirup air mawar.

Kunefe populer di banyak negara

Kota Nablus di Palestina juga sering disebut sebagai tempat kelahiran kunefe. Mereka menamakan jajanan lezat ini “Kanafeh Nabulsiyeh”. makanan ini merupakan simbol niat baik, dalam menyelesaikan konflik. Di Palestina, kunefe juga menjadi sajian istimewa saat seseorang meninggal dunia atau mencapai prestasi tertentu.

Selain Suriah, Turki, dan Palestina, kunefe juga populer di berbagai negara, seperti Lebanon, Mesir, Yordania, Aljazair, dan Israel. Beberapa varian ditemukan di Yunani, negara-negara Balkan, dan Kaukasus Selatan (Georgia, Armenia, dan Azerbaijan).

Ada yang menyebutnya kanafeh, konafa dan kunafa. Akar katanya adalah kanaf, yang dalam bahasa Arab berarti memperbaiki atau melindungi. Konon, ini ada hubungannya dengan keju yang diisi di tengah lapisan kue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

Dafabet

my 11 circle

betway

rummy apk

rummy gold

ipl win

Jeetbuzz

lotus365

91 club

sky247

k9win

yono rummy

deity rummy

betvisa

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

rummy wealth

sky247