Destinasi Wisata Gratis Di Kota Istanbul , Pas Banget Buat Kalian Yang Traveling Tapi Ingin Berhemat Juga

Wisata gratis di Istanbul tentunya bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghemat budget saat berlibur di Turki. Terletak di antara dua benua, Istanbul merupakan tujuan liburan yang cukup populer di kalangan wisatawan karena menawarkan sisi sejarah, budaya, dan modernitas Turki. Meskipun Istanbul bukan ibu kota Turki, tapi merupakan kota paling populer di kalangan wisatawan.

Istanbul adalah pusat perdagangan dan sejarah terbesar di Turki dan merupakan salah satu kota terbesar di Eropa. Meski liburan di Istanbul menghabiskan banyak biaya, namun wisatawan dengan budget mepet tetap bisa menikmati keindahan kota ini karena banyak sekali destinasi wisata yang ditawarkan secara gratis. Apa saja yaa? Yuk lihat daftarnya.

Blue Mosque / Masjid Sultan Ahmed

Wisata gratis pertama di Istanbul adalah Masjid Sultan Ahmed atau lebih dikenal dengan Blue Mosque. Dikenal sebagai berikut karena dibuat menggunakan ubin biru yang dilukis dengan tangan yang menghiasi seluruh masjid.

Masjid yang dibangun antara tahun 1906 hingga 1916 ini masih berfungsi sebagai masjid hingga saat ini dan juga menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan. Masjid terbuka untuk wisatawan setiap saat kecuali pada jam sholat.

Sultan Ahmed Park

Setelah mengunjungi Blue Mosque, Sultan Ahmed Park juga menjadi salah satu destinasi wisata gratis di Istanbul yang wajib Anda kunjungi. Taman Sultan Ahmed terletak di antara Masjid Biru dan Hagia Sophia.

Taman Sultan Ahmed merupakan taman hijau yang sering dikunjungi wisatawan. Taman ini memiliki air mancur besar di tengahnya dan dilengkapi bangku untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Pada malam hari, air mancur akan menari melakukan atraksi yang menarik banyak wisatawan.

Hagia Sofia

Wisata gratis di Istanbul ini tak kalah ikoniknya, yakni Hagia Sophia. Hagia Sophia dulunya adalah gereja Kristen Ortodoks yang akhirnya diubah menjadi masjid Ottoman pada tahun 1453, kemudian pada tahun 1935 diubah menjadi museum. Namun, akhirnya diubah menjadi masjid pada tahun 2020 oleh pemerintah Turki yang dipimpin oleh Presiden Erdogan.

Bangunan ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan sangat bersejarah. Hagia Sophia telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan ikon kota Istanbul.

Jembatan Bosphorus

Jembatan Bosphorus masuk dalam daftar destinasi wisata gratis di Istanbul yang sayang untuk dilewatkan. Menikmati pemandangan dari jembatan yang menghubungkan dua pantai Asia dan Eropa memang menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan selama berada di Turki.

Jembatan Bosphorus dibangun di atas Selat Bosphorus dan memiliki panjang kurang lebih 1.510 meter. Anda bisa naik bus untuk menyeberangi jembatan ini, namun jika Anda berkunjung pada bulan November, kemungkinan besar Anda akan mendapat kesempatan untuk berjalan melintasi jembatan selama acara maraton tahunan.

Grand Bazaar

Wisata gratis di Istanbul yang satu ini juga tak kalah populer, terutama bagi Anda yang gemar berbelanja yaitu Grand Bazaar. Grand Bazaar adalah pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia yang berisi lebih dari 4.000 toko dengan total pengunjung lebih dari 300.000 orang setiap hari.

Masuk ke sini gratis, dan Anda bisa berbelanja di sini. Selain itu, Anda dapat menemukan semua yang Anda butuhkan di sini. Mulai dari kosmetik khas Turki, karpet, tas, fashion, kuliner, ornamen dan aksesoris yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Taksim Square

Taksim Square merupakan salah satu destinasi wisata gratis di Turki yang terletak di sisi Eropa Istanbul. Taksim Square artinya Alun-Alun Taksim dimana tempat ini berfungsi sebagai ruang publik yang selalu ramai pengunjung pada siang dan malam hari.

Di kawasan Taksim Square Anda akan menemukan deretan kafe, restoran, hotel, dan pub. Pada malam hari, tempat ini akan lebih ramai dikunjungi pengunjung pasar, tempat ini dianggap sebagai sisi modern Istanbul. Meski bagi warga sekitar Taksim Square bukanlah sesuatu yang istimewa, namun bagi wisatawan yang berkunjung ke sini tentu bisa menjadi hal yang cukup menyenangkan.

Masjid Ortakoy

Wisata gratis di Istanbul selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Ortakoy Mosque. Masjid yang dibangun pada abad ke-18 ini terletak di salah satu kawasan terpenting di Bosphorus, tepat sebelum Jembatan Bosphorus.

Daya tarik utama Masjid Ortakoy adalah langitnya yang mewah berbentuk kubah dilengkapi dengan mozaik berwarna merah muda dan dihiasi dengan deretan lampu gantung yang indah. Tak hanya itu, keindahan alam kawasan ini juga menjadi daya tarik yang populer di kalangan wisatawan.

Masjid Suleymaniye

Tak hanya Masjid Ortakoy, Anda juga bisa mengunjungi Masjid Suleymaniye sebagai salah satu destinasi wisata gratis di Istanbul. Masjid Suleymaniye merupakan masjid terbesar kedua di Istanbul dan merupakan salah satu bukti sisa-sisa kejayaan dinasti Ottoman.

Masjid Suleymaniye memiliki arsitektur yang mengesankan, kubah utamanya setinggi 53 meter dan berdiameter 26,5 meter. Masjid ini dibangun pada tahun 1550 di bawah pemerintahan Sultan Suleyman Al-Qanuni. Masjid ini juga dirancang oleh seorang tokoh terkenal, yaitu Mimar Sinan. Menariknya, masjid ini terletak di bukit ketiga, diantara tujuh bukit kota Istanbul. Karena itu, kemegahan masjid ini dapat dilihat dengan sangat jelas dari jauh dan daya tarik utama masjid ini adalah lampu gantung besar yang tergantung dari langit kubah.

Museum Pera

Tur gratis terbaik di Istanbul adalah Museum Pera. Museum Pera adalah salah satu museum seni privat terkemuka di Istanbul. Berada tak jauh dari Taksim Square, museum ini menyimpan sejumlah koleksi seni mulai dari lukisan orientalis, koleksi ubin dan keramik Kutahya, serta koleksi timbangan dan ukuran Anatolia.

Meski tiket masuk ke museum ini tidak gratis setiap hari, namun ada beberapa syarat yang membuat tiket masuk gratis. Anda bisa mengunjungi museum ini secara gratis pada hari Jumat mulai pukul 18.00-22.00 waktu setempat. Sementara para siswa akan bebas pada hari Rabu. Kemudian, anggota pers, anak di bawah 12 tahun, dan penyandang disabilitas bisa masuk secara gratis.

Itu tadi daftar tempat wisata gratis di Istanbul yang wajib kamu kunjungi. Dengan mengunjungi wisata gratis tersebut tentunya liburan Anda bisa lebih hemat dan tetap menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

Dafabet

my 11 circle

betway

rummy apk

rummy gold

ipl win

Jeetbuzz

lotus365

91 club

sky247

k9win

yono rummy

deity rummy

betvisa

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

rummy wealth

sky247