10 Destinasi Wisata Religi Di Turki , Masjid Indah Mendominasi

Wisata religi di Turki merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Turki memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak peninggalan sejarah Islam yang cukup menarik. Republik Turki pernah menjadi pusat Kerajaan Islam Utsmaniyah atau Ottoman, yang dikenal sebagai pemerintahan Islam paling dihormati di dunia. Nah, jika Anda berkunjung ke Turki, jangan lewatkan destinasi wisata religi berikut ini.

Masjid Biru

Tempat wisata religi di Turki yang pertama adalah Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed. Blue Mosque menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena keindahan bangunannya.

Dari kejauhan terlihat enam menara yang berdiri tegak dan berwarna biru. Masjid ini memiliki interior yang didominasi oleh keramik berwarna biru dengan berbagai corak yang indah. Tak hanya itu, di masjid ini juga terdapat lebih dari 300 kaca hias yang digunakan untuk  jendela masjid untuk jalan masuknya cahaya dari luar.

Hagia Sophia

Turki dan Hagia Sophia tidak dapat dipisahkan. Hagia Sophia merupakan bangunan paling ikonik di Turki dan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Turki yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Hagia Sophia memiliki sejarah yang cukup panjang mengingat bangunan ini awalnya merupakan masjid yang kemudian diubah fungsinya menjadi gereja yang dibangun oleh Konstantius. Tak heran Hagia Sophia memiliki gaya arsitektur Bizantium yang indah. Setelah kota Konstantinopel jatuh ke tangan Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1453, Hagia Sophia diubah menjadi masjid hingga saat ini. Hagia Sophia seolah menjadi bukti keharmonisan antara Islam dan Kristen.

Masjid Rustem Pasha

Wisata religi di Turki yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Masjid Rustem Pasha. Rustem Pasha diketahui merupakan menantu Sultan Suleiman asal Bosnia.

Masjid ini sangat megah dengan interiornya yang terbuat dari keramik merah yang didatangkan khusus dari Iznik yang merupakan daerah yang sangat terkenal dengan keramiknya di Turki.

Pada masa pemerintahannya, Rustem Pasha dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Kesultanan Utsmaniyah. Namun, di puncak kejayaannya, ia dilarang membangun masjid agung untuk menandingi kemegahan masjid-masjid yang dibangun sultan sebelumnya. Tak heran jika masjid ini dianggap terlalu besar dibandingkan masjid-masjid agung pada zaman Ottoman.

Masjid Selimiye

Berada di kota Edirne, sekitar 260 kilometer barat laut Istanbul, Masjid Selimiye juga menjadi salah satu tempat wisata religi di Turki yang patut Anda kunjungi.

Masjid ini dibangun oleh Sultan Selim II pada tahun 1568-1574 dengan bantuan arsitek Mimar Sinan. Masjid Selimiye memiliki kubah yang indah dengan diameter 31,25 meter dan tinggi 43,25 meter. Masjid ini juga memiliki menara tertinggi kedua di dunia setelah Menara Othenar di India.

Masjid Sulaimaniyah

Wisata religi di Turki selanjutnya adalah Masjid Sulaimaniyah. Bangunan masjid ini merupakan yang terbesar di Istanbul dan menjadi salah satu wisata terpopuler.

Masjid Sulaimaniya memiliki nilai sejarah yang luar biasa pada masa pemerintahan kerajaan Ottoman Sultan Suleiman. Pada tahun 1550, masjid ini dibangun di bawah naungan Sultan Suleiman I dan Mimar Sinan dipilih sebagai arsiteknya. Khususnya, masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, tetapi juga berfungsi sebagai rumah sakit, sekolah, universitas, dan dapur untuk orang yang kelaparan. Masjid Sulaimaniyah memiliki lebar 58 meter dan panjang 59 meter.

Masjid Laleli

Masjid Laleli juga layak menjadi salah satu destinasi wisata religi di Turki yang sayang untuk dilewatkan. Masjid ini adalah masjid Kekhalifahan Utsmaniyah abad ke-18 yang terletak di Laleli, Fatih, Istanbul.

Masjid Laleli memiliki arsitektur yang menakjubkan dalam gaya bangunan Baroque. Yakni arsitektur setelah Renaisans tahun 1700-an dan dirancang oleh arsitek Ottoman Mehmet Tahir Aga. Meski terbilang tua, bangunan ini masih megah dan terpelihara hingga saat ini.

Museum Panorama 1453

Wisata religi di Turki tidak hanya tentang masjid saja lho. Di sini Anda juga akan menemukan museum yang cukup menarik, salah satunya adalah Museum Panorama 1453.

Museum ini didirikan untuk memperingati pembebasan Konstantinopel pada tanggal 29 Mei 1453 oleh Muhammad Al-Fatih. Di museum ini Anda bisa merasakan perjuangan Muhammad Al-Fatih karena museum ini sengaja ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi agar gambarnya terlihat sangat nyata. Ditambah dengan suasana musik pertarungan yang dimainkan di museum ini membuat para pengunjung semakin tertarik untuk menjelajahinya.

Rumeli Hisari

Rumeli Hisari merupakan benteng yang dirancang oleh Muhammad Al-Fatih dan dibangun hanya dalam waktu 4 bulan 16 hari. Meski dibangun dalam waktu singkat, benteng ini masih berdiri hingga saat ini.

Rumeli Hisari merupakan salah satu destinasi wisata religi di Turki yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Benteng ini dibuat dengan tiga menara utama yang diberi nama sesuai nama pengikut setianya yang membantu dalam proses pembangunannya. Muhammad Al-Fatih menjadikan benteng ini sebagai tempat menyusun strategi bersama tentaranya dan memantau Konstantinopel dari atas menara.

Benteng Konstantinopel

Wisata religi di Turki selanjutnya adalah Benteng Konstantinopel. Benteng bersejarah ini merupakan rangkaian tembok pertahanan batu yang dibangun di bawah Constantine the Great pada tahun 324 SM. di kota Istambul.

Benteng sepanjang 5,5 kilometer dengan tinggi 12 meter dan tebal 5 meter ini mampu melindungi kota Konstantinopel dari serangan. Bukan hanya tembok besar, ada juga rantai raksasa yang dibuat hanya untuk pertahanan. Rantai tersebut terbuat dari besi dengan panjang 275 meter dan tebal 4 sentimeter untuk menutup akses kapal ke Golden Horn Bay.

Istana Topkapi

Wisata religi utama di Turki adalah Topkapi Palace. Terletak tidak jauh dari Hagia Sophia, istana ini dibangun atas perintah Muhammad Al-Fatih setelah penaklukan Konstantinopel pada tahun 1466.

Istana ini berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan selir dengan akses pintu berlapis yang merupakan simbol dan metafora, yang tidak mudah bagi seseorang untuk memasuki istana. Kini keraton ini dijadikan museum dengan berbagai koleksi menarik, salah satunya pedang Nabi Muhammad.

Inilah daftar wisata religi di Turki yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke sana. Cukup menarik bukan? Jadi tunggu apalagi, rencanakan liburan Anda di Turki sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *