Fakta Menarik Tentang Universitas Cambridge

Selain Universitas Oxford yang disebut-sebut paling tua, ada juga universitas terkenal lainnya di Inggris, yaitu Cambridge. University of Cambridge terletak 80 km sebelah utara London dengan luas sekitar 40,2 kilometer persegi (km2). Berusia lebih dari 800 tahun, fakta unik apa yang perlu Anda ketahui tentang Cambridge, yang juga merupakan universitas tertua keempat di dunia?

Dalam sejarahnya, University of Cambridge tidak dapat dipisahkan dari University of Oxford, terutama ketika terjadi kerusuhan antara beberapa sarjana dan penduduk Oxford atau yang dikenal dengan istilah “city and gown” (“kota dan gaun”). Peristiwa yang terjadi pada tahun 1209 menyebabkan para sarjana mengungsi ke sebuah kota kecil bernama Cambridge.

Pemerintah daerah Cambridge mengizinkan mereka untuk tinggal dan bahkan memberi mereka tempat tinggal. Di kediaman yang disediakan oleh penduduk Cambridge itulah para Cendekiawan pertama kali memberi kuliah, kemudian mendirikan sebuah perguruan tinggi.

Cambridge adalah salah satu kota terindah di Inggris dengan perpaduan bangunan bersejarah dan sungai yang mengalir melalui pusat kota. Namun, Cambridge juga bukan kota besar mengingat kebanyakan orang menggunakan transportasi sepeda untuk menuju tempat-tempat menarik di kota Cambridge.

Namun, ada banyak hal lain yang harus Anda ketahui, dan inilah beberapa fakta unik tentang University of Cambridge:

1. Universitas Cambridge adalah Universitas Oxford

Pendirian Universitas Cambridge terkait erat dengan Universitas Oxford. Dimana, University of Cambridge didirikan oleh mahasiswa Oxford pada tahun 1209, setelah terjadi kerusuhan mahasiswa yang disebabkan oleh perbedaan antara sarjana dan keuskupan, sehingga beberapa mahasiswa dan sarjana pindah ke Cambridge dan membuka universitas disana.

Karena itu Cambridge hampir mirip dengan Oxford sehingga banyak orang menyebut kedua universitas ini Oxbridge.

BACA JUGA  Cuma Rp 800.000 Kamu Bisa Kuliah di Kampus Besar, eCampus Universitas Pelita Bangsa

2. Asal-Muasal Cambridge

Nama Cambridge sendiri  tentu memiliki sejarah dan makna yang panjang. Kisah ini bermula ketika bangsa Romawi tiba pada pertengahan abad ke-1 Masehi. membangun area pemukiman di Castle Hill dan membangun benteng bernama Duroliponte. Pada abad ke-5 M bangsa Romawi meninggalkan Inggris dan daerah ini diduduki oleh bangsa Saxon dan berganti nama menjadi ‘Grantebrycge’ yang berarti Jembatan di atas Sungai Granta.

Kemudian ketika bangsa Norman mengambil alih tempat ini, bangsa ini berganti nama menjadi Grentebridge, lalu berganti lagi menjadi Cantabridge yang lebih mudah diucapkan. Beberapa tahun kemudian, nama Cantabridge diubah lagi menjadi Cambridge, yang diresmikan sebagai nama baru kota tersebut.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Stanford University

3. Town and Gown

Fakta unik lainnya tentang universitas Cambridge adalah terkait erat dengan peristiwan Town and Gown. Pembagian kata Town and Gown sendiri untuk mendefinisikan konflik yang terjadi antara kota dan juga universitas. Hubungan antara Universitas dan penduduk dalam kota tidak sebaik yang diperkirakan, sehingga banyak akademisi Oxford yang melarikan diri ke Cambridge untuk melanjutkan studi. Perselisihan ini berlanjut hingga abad ke-14 karena menurut warga Cambridge, para akademisi banyak menimbulkan gejolak.

Untuk meredakan perselisihan ini, Raja Henry III pada tahun 1231 turun tangan dengan melarang warga membayar lebih untuk bahan bakar, lilin, roti, dan bir daripada akademisi. Sayangnya tindakan yang dilakukan Raja Henry tidak berdampak langsung. Seiring berjalannya waktu, hubungan antara kota dengan akademisi dan universitas di sekitarnya semakin baik.

4. Jembatan Matematika

jembatan matematika
jembatan matematika

Jembatan kayu yang terletak di Queen’s College, Cambridge ini merupakan jembatan yang menggunakan teknik dan prinsip matematika. Jembatan ini dibangun oleh James Essex dan dirancang oleh William Etheridge pada tahun 1749. Pembangunan jembatan ini dimaksudkan sebagai penghubung antara gedung Queen’s College di Cambridge.

BACA JUGA  Meningkatnya Minat dan Antusiasme Bahasa Arab di Turki

Teknik pembuatan jembatan ini adalah dengan menyiapkan kayu yang menggambarkan garis singgung sebagai busur dan mengikat garis singgung kayu tersebut dengan bagian kayu lainnya sehingga kayu ini menjadi kokoh dan kuat. Teknik ini juga digunakan dalam pembuatan jembatan batu.

5. Memenangkan penghargaan 89 Nobel dari berbagai disiplin ilmu

Kawasan Cambridge dikenal sebagai kawasan pendidikan terbesar kedua setelah Oxford. Di kawasan Cambridge dengan Universitas Cambridge yang terkenal itu telah memperoleh 89 Hadiah Nobel dalam berbagai disiplin ilmu. Universitas ini telah memenangkan lebih banyak penghargaan daripada Universitas Oxford yang hanya memenangkan 58 Hadiah Nobel.

Peraih Nobel ke-89 di Cambridge itu mencakup 6 bidang, yakni fisika, kimia, sastra, perdamaian, kedokteran, dan psikologi. Cambridge sendiri telah menyatakan bahwa di antara 89 peraih Nobel, 29 di antaranya adalah peraih Nobel bidang fisika

isaac newton merupakan salah satu lulusan Cambrige University
isaac newton merupakan salah satu lulusan Cambrige University

6. Silicon Fen, Cambridge

Silicon Fen di Cambridge adalah pusat pertumbuhan teknologi tinggi. Di tempat ini mengacu pada Lembah Silikon di Amerika dan Fenland di sekitar Cambridge. Wilayah ini memiliki pengaruh terhadap sektor pertumbuhan teknologi. Sebelum tempat ini ada, sektor industri dan teknologi di sini tidak terlalu bagus. Banyak lulusan universitas dan akademisi yang bisa membantu membangun sektor industri dan teknologi, sehingga muncul ide pembukaan Silicon Fen.

Di tempat ini sejumlah perusahaan telah merambah bidang teknologi dan bioteknologi yang telah melahirkan inovasi-inovasi berkualitas. Perkembangan di area ini disebut sebagai ‘Fenomena Cambridge’ dan dimulai pada tahun 1960-an. Saat ini wilayah ini adalah rumah bagi 1.000-3.000 perusahaan yang menghasilkan pendapatan jutaan dolar.

7. Collage Pertama

Collage pertama kali didirikan oleh Hugo de Balsham pada tahun 1284 dan mengambil nama Peterhouse. Seiring waktu, perguruan tinggi telah berkembang menjadi 15 perguruan tinggi. Mereka juga mendapat pengakuan pada tahun 1318, ditandai dengan kuliah umum atau studium generale oleh Paus Yohanes XXII.

BACA JUGA  Sejarah Pembentukan Dan Kemajuan Kerajaan Islam Utsmani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *