7 Universitas di Karawang Yang Wajib Kamu Tahu

Universitas di Karawang – Jika mendengar nama kota Karawang, kebanyakan orang pasti akan mengingat istilah kota lumbung padi. Padahal, tidak hanya kebutuhan pangan saja, banyak perguruan tinggi negeri dan swasta yang berkualitas di kota Karawang. Buat kamu yang tinggal di Karawang, simak daftar 7 kampus swasta dan negeri di Karawang ini!

Karawang adalah salah satu kota paling sibuk di Jawa Barat. Dengan banyaknya area industri di kota ini, wajar jika mengundang banyak orang dari berbagai daerah untuk mencoba peruntungan hidup. Tentunya dengan bertambahnya jumlah penduduk dan persaingan untuk hidup, diperlukan pendidikan yang lebih tinggi untuk dapat bersaing. Maka wajar jika banyak perguruan tinggi atau universitas negeri didirikan di kota ini.

Berikut daftar 7 kampus di Karawang berstatus swasta dan negeri sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih tempat menggali ilmu:

1. Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang

Daftar kampus di Karawang dimulai dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang. Keren namanya Politeknik Karawang, kampus ini merupakan universitas negeri yang bergerak di bidang profesi kelautan dan perikanan dibawah naungan kementrian kelautan dan perikanan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang ini.

Program studi yang tersedia di Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang meliputi teknik penangkapan ikan, teknik pengolahan hasil perikanan, dan teknik kelautan. Lokasi Kampusnya sendiri terletak di Jalan Tanjungpura – Klari, Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat.

2. Universitas Singaperbangsa, Karawang

Selain itu, ada universitas negeri lain yang meramaikan daftar ini yakni Universitas Singaperbangsa Karawang. Sering disingkat UNSIKA, kampus ini terletak di Jalan HS Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1982, UNSIKA saat ini memiliki akreditasi B dari BAN PT.

Jurusan yang tersedia di UNSIKA antara lain Agroteknologi, Agribisnis, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekstrakurikuler, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan , hukum, Ilmu agama Islam, manajemen pendidikan, kediklatan dan pendidikan, ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan, hubungan internasional, kebidanan, farmasi, gizi, pendidikan olahraga, manajemen dan akuntansi.

3. Universitas BSI

Siapa yang tidak mengenal BSI? Universitas ini terkenal dengan iklan komersialnya dengan slogan “Kuliah? BSI saja! Keberhasilan periklanan tersebut benar-benar telah mengabadikan BSI dalam dunia pendidikan. Kampusnya tersebar di berbagai kota di Indonesia. Lulusan tentunya sudah bekerja di berbagai bidang keahlian.

Terdapat dua kampus Universitas BSI di Karawang, yakni di Jalan Banten No. 1 Karangpawitan, Karawang dan di Jalan Ir Juanda No. 17, Cikampek. Walaupun BSI sendiri sudah lama berdiri, BSI University baru berdiri sejak tahun 2010. Hingga saat ini kampus swasta ini telah terakreditasi B oleh BAN PT.

Jurusan yang tersedia di BSI University meliputi teknik, teknik elektro, teknik industri, ilmu komputer, sistem informasi, ilmu komunikasi, sastra Inggris, penyiaran, hubungan masyarakat, akuntansi, manajemen, perpajakan, perhotelan, administrasi bisnis, dan administrasi perkantoran. Selain menyediakan program studi sarjana, pilihan program studi D3 juga banyak.

4. Universitas Buana Perjuangan

Selanjutnya dalam daftar kampus swasta dan BUMN di Karawang yaitu Universitas Buana Perjuangan atau sering disebut UBP Karawang. Kampus swasta ini ternyata masih muda karena baru berdiri sejak tahun 2014. Berdasarkan data website perguruan tinggi disebutkan bahwa kampus yang terletak di Jalan HR Ronggowaluyo, Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat ini telah terakreditasi C dari BAN PT.

Jurusan yang tersedia di UBP Karawang adalah Akuntansi, Farmasi, Hukum, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru SD, Pancasila dan Kewarganegaraan, Psikologi, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Komputer dan Teknik Mesin. Apakah ada spesialisasi yang menarik minat Anda? Daftar saja!

5. STMIK Kharisma Karawang

Berikutnya adalah STMIK Kharisma Karawang yang melengkapi daftar kampus di Karawang. Berlokasi di Jalan By Pass Pangkal Perjuangan, Tanjung Pura, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kampus ini berdiri sejak tahun 1995. Saat ini STMIK Kharisma Karawang telah mendapatkan akreditasi C dari BAN PT.

Program studi yang tersedia di STMIK Kharisma Karawang adalah S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi, dan D3 Sistem Informasi Akuntansi. Dilihat dari jurusan yang ada, STMIK Kharisma mengkhususkan diri pada bidang informasi.

6. STIE YPN

Kampus swasta dan negeri selanjutnya di Karawang adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Nusantara atau disingkat STIE YPN. Kampus ini terletak di Jalan Surotokunto No. 2 Rawabagus, Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berdasarkan situs resmi Dikti, STIE YPN baru berdiri sejak tahun 2017. BAN PT telah memberikan akreditasi kampus C ini.

Hanya ada dua jurusan yang tersedia di Fakultas Ekonomi Yayasan Pendidikan Nusantara, yaitu S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Keduanya telah mendapatkan akreditasi B. Apakah salah satu dari dua jurusan ini menarik bagi Anda? Jangan ragu, daftar untuk menimba ilmu di sini!

Baca Juga : Universitas Terbaik dan Favorit di Semarang

7. STMIK Rosma

Daftar kampus kota Karawang yang berstatus swasta dan negeri diakhiri dengan STMIK Rosma. Universitas swasta ini berlokasi di Jalan Parahyangan, Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Usianya kini menginjak dua dekade karena telah berdiri sejak tahun 2000. BAN PT telah memberikan akreditasi kampus C ini.

Program studi yang tersedia di STMIK Rosma dibagi menjadi tiga kategori jenjang yaitu D1, D3 dan S1. Jenjang D1-nya akuntansi komputer dan manajemen komputer. D3-nya adalah akuntansi komputer dan manajemen komputer. Jurusan yang dia ambil adalah sistem informasi, sistem informasi, dan teknik komputer.

Ini review 7 kampus di kota Karawang, swasta dan negeri. Tak banyak yang tahu bahwa kota di Jawa Barat ini memiliki banyak perguruan tinggi negeri. Masuk akal jika kota ini diapit oleh kota-kota lain seperti Bandung dan Jakarta. Semoga artikel ini menambah wawasan baru dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih kampus di kota Karawang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *