4 Kampus Singapura Yang Menjadi Favorit Mahasiswa Indonesia , Banyak Beasiswanya

Beberapa kampus di Singapura menjadi pilihan mahasiswa Indonesia untuk belajar. Kuliah di Singapura sepertinya sangat diminati oleh para pelajar Indonesia mengingat biaya hidup yang cukup terjangkau dibandingkan dengan biaya hidup di negara-negara Eropa.

Selain itu, menuju Singapura hanya membutuhkan waktu satu setengah jam dengan pesawat, sehingga memudahkan untuk bolak-balik ke Indonesia. Berikut kampus-kampus di Singapura yang banyak menjadi tujuan mahasiswa Indonesia.

Nanyang Technological University (NTU)

Universitas ini didirikan pada tahun 1955 dan berlokasi di barat daya Singapura. Nanyang Technological University (NTU) merupakan salah satu universitas yang memiliki banyak mahasiswa dari Indonesia.

Selain dikenal dengan kualitas pendidikannya yang tidak diragukan lagi, kampus ini juga menawarkan beasiswa mahasiswa. Hal inilah yang mendorong sejumlah mahasiswa Indonesia untuk belajar di sana. Jurusan yang tersedia di kampus ini adalah bidang sains, bisnis, teknik, dan kedokteran.

National University of Singapore (NUS)

Universitas ini merupakan universitas tertua dan terbesar di Singapura. National University of Singapore (NUS) adalah salah satu kampus terkemuka di Asia dan dunia. Sistem perkuliahan di NUS memungkinkan mahasiswa lulus lebih cepat, terutama dengan mengambil lebih banyak modul dalam satu semester.

Kampus ini juga menawarkan beasiswa sehingga banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia. Terdapat berbagai fakultas di kampus ini, antara lain Fakultas Seni dan Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Desain dan Lingkungan, dan Fakultas Sains.

Singapore University of Technology and Design

Singapore University of Technology and Design bekerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat dan Universitas Zhejiang (ZJU) dari Tiongkok untuk menyatukan ilmu pengetahuan Barat dan Timur. Universitas ini baru mulai beroperasi pada tahun 2012. Kampus ini juga telah bermitra dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menurut UniRank, kampus ini mendapatkan  peringkat keempat universitas terbaik di Singapura. Kualitas pendidikan dan ketersediaan beasiswa mahasiswa telah menarik minat mahasiswa Indonesia untuk belajar di sini. Ada berbagai jurusan di universitas, seperti arsitektur dan konstruksi, teknologi informasi, ilmu sosial dan media, bisnis dan manajemen.

Singapore Management University

Singapore Management University berdiri pada 12 Januari, 2000, dan memegang posisi unik sebagai universitas swasta pertama di Singapura yang disponsori pemerintah. Kurikulum SMU dirancang serupa atas kurikulum dari Wharton School of the University of Pennsylvania, sekolah bisnis ternama Amerika Serikat.

SMU saat ini tercatat memiliki mahasiswa sebanyak 3,800 dan terdiri atas empat fakultas, menawarkan lima program gelar sarjana: Fakultas Manajemen; Fakultas Akuntansi; Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial; serta Fakultas Sistem Informasi yang bekerja sama dengan Universitas Carnegie Mellon.

Universitas ini adalah salah satu universitas terkemuka di dunia. Pada tahun 2008, kampus ini diakui di Singapore Education Awards karena menarik lebih banyak mahasiswa luar negeri yang unggul secara akademis di Singapura. Sejak Maret 2009, kampus ini menjadi tuan rumah terbaik bagi mahasiswa internasional yang belajar di Singapura.

Singapore Management University juga memberikan beasiswa berupa keringanan biaya kuliah dan tunjangan kurang lebih SGD5.800 atau Rp 6 juta. Hal inilah yang kemudian membuat banyak pelajar Indonesia ingin belajar di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *