4 Fakta Mahasiswa Indonesia Yang Kuliah di Turki

Semakin kesini semakin banyak mahasiswa dari Indonesia yang memilih melanjutkan kuliahnya di Negara Turki. Beberapa faktor yang menjadikan seperti itu adalah kualitas pendidikan di Negara Turki terbilang sangat sangat baik dan modern. Selain itu biaya hidup di negara tersebut juga cukup murah dan terjangkau.

Percampuran dua budaya antara Eropa dan Asia juga menjadikan Turki negara yang menarik, sehingga menjadi banyak tujuan mahasiswa-mahasiswa dunia khususnya Indonesia melanjutkan kuliah. Berikut adalah beberapa fakta menarik mahasiswa Indonesia yang kuliah di Turki.

Jumlah Mahasiswa Indonesia di Turki

Berdasarkan data pada tahun 2018 jumlah mahasiswa yg kuliah di Turki berjumlah sekitar 1140 orang, lalu pada tahun 2019 bertambah jadi sekitar 1500 orang. Dan tahun ini 2021 setelah pandemi covid sudah agak membaik bertambah lagi pelajar yang berangkat ke Turki untuk kuliah disana. Tentu angka ini setiap tahun pasti bertambah seiring besarnya animo pelajar dari Indonesia yang ingin kuliah di Turki.

Kota Favorit Bagi Pelajar Indonesia di Turki

Kota favorit bagi pelajar Indonesia tentu adalah Istanbul, Istanbul kota dengan dua benua dengan segala keindahan, sejarah dan harmonisnya antar agama Nasrani dan Islam yang ada disana.

Selain Istanbul ada juga kota Ankara yang menjadi favorit pelajar Indonesia disana. Ankara merupakan Ibukota Negara Turki saat ini, kotanya tenang dan sangat nyaman juga arsitektur Yunaninya juga sangat kental, sehingga terlihat eksotis dan juga istimewa.

Dari dua kota tersebut pelajar mudah untuk melancong kemana saja, oleh karena itu banyak pelajar dari Indonesia yang memilih dua kota ini untuk dijadikan kota favorit mereka.

Universitas Favorit Pelajar Indonesia di Turki

Sama halnya dengan kota favorit, tentu pilihan universitas favorit yang lokasinya yang berada dikota tersebut. Yaps, universitas tersebut adalah Istanbul University dan Ankara University. Yaa memang universitas-universitas di Turki lainnya juga termasuk bagus kualitasnya.

BACA JUGA  Cara Mengatur Waktu Sholat & Kuliah di Turki

Selain kedua universitas yang tadi ada juga nama universitas lainnya yang menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia, Yakni Sakarya University, Kirklareli University dan juga Marmara University.

Pelajar Indonesia Rata-rata Kuliah Melalui Jalur Mandiri

Kenapa banyak mahasiswa Indonesia masuk melalui jalur mandiri? Bukannya biayanya mahal untuk kuliah di luar negeri? Untuk pengurusan pendaftaran dan dokumen bukannya ribet yaa? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin banyak ditanyakan dari orang tua awam yang belum mengetahui cara dan keadaan kuliah di Turki.

Negara Turki sangatlah peduli dengan pendidikan, mereka peduli dengan pendidikan karena pendidikan merupakan penting untuk kemajuan bangsa. Pemerintahan Turki memberikan subsidi pendidikan ke setiap kampus-kampus negeri, bahkan di beberapa Universitas dan Jurusan ada yang biaya semesternya tidak sampai 1 juta rupiah.

Selain itu biaya hidup di Turki juga terbilang tidak mahal bahkan murah seperti keadaan hidup di Jakarta. Untuk sekali makan bisa dengan biaya sebesar 10ribu – 15ribu rupiah, murah kan? Tapi itu semua tergantung dari gaya hidup perorangan juga gimana bisa mengatur keuangan atau tidak.

Untuk pendaftaran serta kepengurusan dokumen kami lembaga FATIH GAZI INDONESIA siap membantu. Kami memfasilitasi untuk pengurusan pendaftaran universitas, pengurusan dokumen, pengurusan pemberangkatan serta pendampingan selama 3 bulan awal di turki, mencarikan tempat tinggal disana yang dekat dengan kampus serta pengurusan lainnya yang dibutuhkan oleh calon mahasiswa.

Untuk kalian yang minat melanjutkan kuliah di Turki dan ingin bergabung bersama FATIH GAZI INDONESIA dapat menghubungi kontak yang tertera di bawah ini. Salam Fatih Gazi.

Info dan Pendaftaran Kuliah di Turki : 0812 9030 6490

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *