Inilah Daftar 5 Kampus Favorit Mahasiswa Indonesia di Turki

Terlalu banyak sebenarnya kampus-kampus yang menjadi pilihan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Turki. Hal ini dikarenakan kualitas kampus yang ada di Turki hampir sama bagusnya. Namun tentu ada beberapa yang menjadi pilhan favorit bagi mahasiswa di Indonesia.

Apalagi kini negara Turki menjadi tujuan favorit kuliah di luar negeri bagi mahasiswa dari Indonesia. Salah satu alasannya adalah biaya kuliah di Turki yang murah dan biaya hidup di Turki juga masih tergolong hampir sama dengan biaya hidup di kota-kota besar di Indonesia. Masih banyak hal-hal yang menjadikan Turki negara favorit untuk melanjutkan kuliah disana. Namun pada kali ini fokus kita adalah kampus mana saja sih yang menjadi pilihan favorit bagi mahasiswa dari Indonesia?

1. Istanbul University

Istanbul university adalah kampus tertua yang ada di Turki.  Kampus ini didirikan pada tahun 1773 oleh Sultan Muhammad al Fatih yang terkenal dengan kisahnya menaklukan Konstatinopel.

Universitas Istanbul memiliki 13 fakultas dan ratusan jurusan, serta memiliki 35.000 mahasiswa. Bisa dikatakan Istanbul university itu sama dengan ITB nya Turki, karena Istanbul University lebih mengembangkan fakultas teknik. Banyak keilmuan teknik yang dipelajari disini seperti Teknik Sipil, Mekanik, Komputer, Elektro, Perkapalan dan sebagainya.

Berdasarkan peringkat dunia Istanbul University masuk peringkat ke 108 menurut QS Wordf Academic  Rankings. Oleh karena itu Kampus ini menjadi favorit mahasiswa Indonesia di Negara Turki.

2. Ankara University

Universitas Ankara di dirikan oleh penguasa Turki saat itu yakni Mustafa Kemal Attaturk. Kampus ini adalah kampus pertama yang didirikan pada saat Negara turki sudah berbentuk Negara Republik karena sebelumnya berbentuk kesultanan.

Ankara University cukup populer di Indonesia karena salah satu lulusannya adalah Prof. Qomarudin Hidayat Rektor Universitas Islam Negeri (UIN Jakarta) yang namanya dikenal luas.

BACA JUGA  Perbedaan Kampus Negeri dan Kampus Swasta di Turki

Bermacam-macam ilmu dan jurusan di pelajari disini. Dari teknik, humaniora, hukum, kedokteran, bahasa dan lain sebagainya. Namun bagi mahasiswa dari Indonesia Kampus ini terkenal karena pembelajaran ilmu agama Islam, hal ini bisa mejadikan sebagai alternatif pendidikan di timur tengah.

3. Sakarya University

Dalam beberapa tahun terakhir nama Sakarya university sedang melambung tinggi diantara beberapa kampus lain di Negara Turki. Alasannya adalah karena universitas sakarya ini beberapa kali meraih penghargaan di European Excellence Award yaitu National Excellence Award pada tahun 2010 , The Sustainablility In Excellence Award  pada tahun 2013 dan the EFQM Excellence Award pada tahun 2015. Karena panghargaan inilah yang membuat nama Universitas Sakarya Harum dan menjadi populer.

Selain itu Universitas Sakarya memiliki jaringan yang luas di Eropa, kegiatan pertukaran pelajar adalah hal yang wajar di kampus tersebut. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk memliki pengalaman yang lebih luas serta memiliki jaringan yang bermanfaat untuk karir kedepannya. Untuk kesempatan mahasiswa dari Indonesia juga sangatlah besar.

Letak daerah Sakarya sekitar 2 jam dari kota Istanbul. Kampus ini memiliki daftar jurusan yang begitu lengkap dari teknik, kedokteran, ilmu komputer dan komunikasi, arsitektur, Ilahiyat,  bisnis dan lain sebagainya.

Jurusan kedokteranlah yang menjadi favorit mahasiswa dari Indonesia, karena biayanya murah dibandingkan dengan di Indonesia karena disubsidi oleh pemerintah Turki. Peluang lolos ke universitas ini juga sangat besar.

4. Marmara University

Siapa yang tidak kenal dengan Erdogan? Ya beliau adalah Presiden Turki saat ini yang terkenal yang sangat di sayang oleh warga negaranya, beliau adalah lulusan dari Marmara university, oleh sebab itu Marmara University menjadi favorit bagi pelajar Indonesia.

BACA JUGA  11 Universitas di Ankara, Turki

Selain itu universitas Marmara menjadi favorit karena kampus ini selain menggunakan bahasa Turki, menggunakan Bahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar sehingga memudahkan bagi pelajar yang berasal dari mancanegara.

Selain itu jurusan di universitas ini adalah jurusan yang paling banyak dicari oleh pelajar dari Indonesia. Seperti Ekonomi, Ilahiyat, dan Hubungan Internasional. Yang intinya adalah ilmu sosial.

5. Anadolu University

Yang terakhir adalah Anadolu University. Sebelumnya bernama Akademi Eskisehir lalu diubah pada tahun 1982. Yang menjadi favorit kampus ini adalah bahasa yang digunakan bisa bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Selain itu keistimewaan kampus ini adalah faktor keindahan yang dimiliki. Fasilitas teknologi yang tinggi sehingga menciptakan lingkungan pendidikan kreatif juga dinamis.

Jurusan-jurusan yang tersedia di kampus ini antara lain : Farmasi, Sains, Arsitektur, Aeronautika, Pariwisata, Rekayasa, dan lain sebagainya. Sangat istimewakan? Inilah yang menjadi alasan kampus ini favorit bagi pelajar yang berasal dari Indonesia.

Silahkan di pertimbangkan dengan cermat untuk kalian yang ingin memilih kampus terbaik untuk kuliah di Turki. Bila ada kesulitan silahkan hubungi kami Fatih Gazi Indonesia agen pendidikan kuliah di Turki yang akan mengurus, mempersiapkan, mendampingi kalian kuliah di Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *