11 Universitas di Ankara, Turki

Universitas di Ankara – Kota Ankara adalah ibu kota Negara Turki saat ini. Pada tahun 1923 Ankara menjadi ibu kota Turki menggantikan Konstantinopel atau Istanbul. Ankara merupakan kota terbesar kedua di Negara Turki. Banyak gedung-gedung pemerintahan dan gedung-gedung kedutaan negara lain di kota ini.

Secara geografis kota Ankara merupakan kota terkering di Turki serta dikelilingi oleh daerah stepa atau padang rumput yang luas dengan banyaknya situs arkeologi dari zaman Byzantium, Romawi dan Ottoman. Di kota ini juga terdapat makam Mustafa Kemal Attaturk sang penguasa Turki yang terkenal pada masanya.

Selain itu banyak juga universitas-universitas yang ada di kota Ankara. Berikut kami akan sebutkan apa saja universitas yang terdapat di kota Ankara.

1. Ankara University

Yang pertama tentu Ankara University. Didirikan pada tahun 1946 universitas ini terletak di pusat ibu kota Turki. Universitas Ankara terkenal dengan universitas terlengkap yang ada di Turki. Kampus ini memiliki 120 program sarjana, 110 program magister dan 40 program doctoral. Selain itu Universitas ini memiliki sekitar 42.000 mahasiswa aktif dan 5.000-an staff akademik dan administrasi.

Sedangkan untuk peringkat universitas terbaik di Turki, Ankara University menduduki posisi 5 besar. Untuk peringkat secara seluruh dunia menduduki posisi ke-824 menurut URAP (University Ranking by Academic Performance).

2. Gazi University

Universitas Gazi adalah universitas negeri yang berada di kota Ankara, didirikan pada tahun 1926 oleh Mustafa Kemal Attaturk. Universitas Gazi memiliki 21 fakultas, 4 sekolah, 11 sekolah kejuruan pendidikan tinggi, 52 pusat penelitian dan 7 lembaga pascasarjana serta memiliki sekitar 77.000 mahasiswa dan 3.000 pengajar.

Selain itu universitas ini memiliki 11 sekolah vokasi dan 48  pusat riset.  Perpustakaannya pun sangat lengkap terdapat lebih dari 150 ribu buku yang terdapat pada universitas ini.

3. Hacettepe University

Hacettepe Univesity didirikan pada tahun 1967. Mempunyai 2 kampus utama yakni kampus Sihhiye dan kampus Beytepe. Universitas ini mempunyai 14 fakultas, dan yang menjadi unggulan adalah fakultas kedokteran, 15 institut, 2 sekolah tinggi dan 98 laboratorium penelitian dengan jumlah mahasiswa yang mencapai puluhan ribu.

BACA JUGA  Yuk Simak Pilihan Universitas Terbaik Jika Kalian Ingin Kuliah Turki!

Universitas Hacettepe saat ini berada pada posisi pertama universitas terbaik yang ada di Turki, sedangkan untuk peringkat di dunia ada di urutan ke 500 menurut penilaian URAP. Untuk fakultas kedokterannya masih berada di peringkat pertama yang ada di Turki dan ke 208 di dunia. Bagi kalian yang ingin kuliah mengambil jurusan kedokteran kami sangat menyarankan untuk mengambil di universitas ini.

4. Middle East Technical University (METU)

Metu saat ini dikenal sebagai universitas terbaik di Turki yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Berdiri pada tahun 1956 , METU memiliki 42 Jurusan yang tersebar di  5 Fakultas, 5 Institut dan 2 sekolah tinggi.  Tiap tahun ada banyak calon mahasiswa dari berbagai negara yang mendaftar ke universitas ini dengan angka sekitar 27.000 orang dari 94 negara yang mendaftar dan sekitar 35%-nya mendaftar dalam program S2.

Peringkat Universitas METU menurut URAP adalah terbaik ke-4 di Turki pada tahun 2021-2021 dan ke-751 di peringkat dunia. Bahkan di tahun 2014 menduduki peringkat 85 dunia dan menjadi satu-satu nya universitas di Turki yang menduduki 100 besar dunia universitas terbaik menurut Times Higher Education.

5. Yildirim Beyazit University

Didirikan pada tahun 2010, Yildirim Beyazit University tergolong yang paling muda di kota Ankara dengan berafiliasi ke Caucasus University Assocation. Universitas ini memiliki 13 Fakuktas dengan 7 kampus. Bahasa pengantar yang digunakan di universitas ini adalah bahasa Turki dan bahasa Inggris. Jumlah Mahasiswa kampus ini sekitar 16.000 jiwa.

 6. Atilim University

Atilim University didirikan pada tahun 1997 oleh Attilim Foundation, terletak di Incek, Golbasi sekitar 20 kilometer dari pusat kota Ankara.

Merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Ankara dan memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Di dalamnya terdapat laboratorium, ruang konfrensi, kantin, kolam renang dan kafe. Selain itu banyak juga klub-klub dan organisasi yang mendukung kegiatan mahasiswa dan kegiatan masyarakat.

BACA JUGA  5 Alasan Mengapa Belajar Online Dinilai Lebih Efektif Dari Tatap Muka

Selain itu, Atilim University bergabung sebagai anggota Erasmus, yakni program kerja sama antar universitas di Eropa. Dengan hal ini Atilim University mempuyai program pertukaran pelajar dengan beberapa universitas dari negara Eropa lainnya beberapanya adalah Jerman, Italia, Spanyol, Inggris, Polandia, Romania, Belanda dan masih banyak lagi.

7. Baskent University

Universitas ini berfokus pada pendidikan ilmu kesehatan. Baskent University didirikan pada tahun 1994 oleh seorang professor yang bernama Prof. Dr. Mehmet Haberal. Baskent University mempunyai kelebihan yakni memiliki pusat medis dan penelitian, pusat dialisis di seluruh Turki. Oleh karena fakultas ilmu kesehatan merupakan fakultas unggulan di universitas ini.

8. Cankaya University

Cankaya University didirikan pada 9 juli 1997 oleh Sitki Alp Education Foundation hampir bebarengan dengan Atilim University. Memiliki 5 fakultas dengan 21 jurusan, 2 Institute dengan 17 program pascasarjana dan 6 program Ph.D serta memiliki 2 sekolah kejuruan dengan 3 program.

Fasilitas di universitas ini terbilang lengkap, ada perpustakaan yang besar dan modern, sejumlah laboratorium sains, beberapa fasilitas olahraga yang lengkap hingga tersedia alat-alat fitness. Selain itu Cankaya University selalu menjadi tuan rumah sejumlah festival dan perayaan tahunan yang ada di Ankara.

9. Bilkent University

Bilkent University didirikan pada tahun 1984, dikenal dengan universitas swasta pertama yang didirikan di Turki.  Saat ini Bilkent University berada di urutan ke-3 universitas terbaik di Turki menurut Times Higher Education World University Ranking.

Universitas ini memiliki 34 program sarjanan 58 program magister dan doctoral. Bahasa yang digunakan sebagai pengantar di universitas ini adalah bahasa Inggris sehingga banyak mahasiswa dari luar negeri yang memilih kampus ini.

Universitas Bilkent terbilang sangatlah luas, dengan dilengkapi beragam fasilitas yang membuat mahasiswa betah di kampus, seperti perpustakaan dengan koleksi buka yang cukup lengkap dan beragam fasilitas lainnya.

BACA JUGA  7 Universitas Terbaik Di Wilayah Jawa Barat

Selain itu program pertukaran pelajar di universitas ini juga berjalan, karena Bilkent University tergabung dalam anggota Erasmus dan bekerja sama di lebih dari 82 Universitas dari 17 negara Eropa bahkan Amerika Serikat, Korea Selatan dan Malaysia.

10. TOBB University of Economics and Technology

TOBB University of Economics and  Technology merupakan Universitas yang mempusatkan pendidikan  dengan program cooperative education yakni, mengedepankan pengalaman kerja untuk kuliah.

Bagi kalian yang tertarik mempunyai pengalaman kerja yang merupakan bagian dari perkuliah di universitas ini. Kampus ini bisa dijadikan pilihan yang favorit.

Baca Juga : Ankara Social Science University | Jurusan dan Biaya Kuliah

11. Ufuk University

Ufuk University didirikan pada tahun 1999 oleh sebuah yayasan kecelakaan lalu lintas. Pendirian kampus ini di dasari oleh kepedulian terhadap kesehatan untuk masyarakat Turki. Maka dari itu universitas ini menjadikan fakultas kedokteran sebagai yang utama. Selain itu ada juga fakultas-fakultas lainnya seperti, sains , ekonomi, pendidikan dan hukum.

Ufuk University mempunyai misi yaitu mencegah terjadinya kecelakaan dan berbagai bencana yang memungkinkan. Selain itu universitas ini focus pada upaya perlindungan permasalahan fisik dan psikologi. Untuk itu universitas ini berupaya melahirkan orang-orang yang ahli dan mampu menangani masalah tersebut.

Itulah beberapa universitas yang berada Ibu Kota Negara Turki. Semoga salah satu dari itu membuat kalian tertarik. Untuk kalian yang mau berkonsultasi mengenai perkuliahan di Turki bisa menghubungi kontak dan informasi yang ada dibawah bagian web ini. Salam Fatih Gazi, Sekian terima kasih.

Bagi kamu yang ingin kuliah di Ankara, Turki, kamu bisa ikut program persiapan dan pendampingan untuk kuliah di Turki bersama Fatih Gazi Education. Informasi lebih lanjut silahkan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *