20 Universitas di Kota Istanbul, Turki

Universitas di Istanbul – Siapa yang tidak kenal dengan kota Istanbul. Kota dengan peradaban dan sejarah Turki Utsmani yang terkenal ditambah dengan bangunan yang sangat bersejarah yaitu Hagia Shophia. Kota yang dulunya bernama Konstatinopel atau Bizantium sebelum ditaklukan oleh pejuang Islam yang bernama Sultan Muhammad al Fatih.

Selain itu Istanbul dulunya adalah ibu kota negara Turki sebelum dipindah jadi kota Ankara. Karenanya kota ini berpenduduk padat dan menjadi pusat perekonomian dan budaya di Turki. Di Istanbul juga banyak sekali universitas, jika kalian tertarik kuliah disini berikut adalah daftar universitas yang ada di kota Instanbul.

1. Istanbul Technical University

Didirikan pada tahun 1773 menjadikan Istanbul Technical University sebagai kampus teknik tertua yang ada di Turki. Terletak di pusat kota kampus ini juga menjadi yang terbesar ketiga di dunia. Universitas Teknik Istanbul lebih mementingkan perhatiannya pada ilmu sains dan teknik, namun tidak juga mengesampingkan ilmu-ilmu social.

ITU atau Istanbul Technical University meraih penringkat ke 108 dalam bidang teknologi menurut THES-QS World Rankings pada tahun 2009. Sedangkan di negara Turki sendiri ITU tetap menjadi nomor satu di bidangnya. Banyak juga lulusan dari ITU yang menjadi anggota akademik ilmu pengetahuan di Negara Inggris, Rusia dan Amerika Serikat.

Di bagian depan kampus terdapat patung Mustafa Kemal Attaturk yang sabagai bukti sejarah perjuangan negara Turki. Disitu juga terdapat peninggalan bangsa Romawi kuno yakni Beyazit Tower.

2. Galatasaray University

Galatasaray selain nama klub sepakbola liga Turki yang sering malang melintang di  kompetisi tertinggi Eropa juga merupakan nama sebuah universitas yang ada di Istanbul, Turki. Tetapi wajar sama-sama bernama Galatasaray karena yang mendirikan klub sepakbola dan universitas ini sama-sama komunitas Galatasaray. Untuk kampusnya didirikan pada tahun 1992.

Galatasaray university memiliki 5 Fakultas yaitu Teknik mesin , ekonomi , sains dan sastra , komunikasi serta Hukum. Program pertukaran pelajar ke Prancis merupakan program universitas setiap tahunnya, tak kurang dari 100 Mahasiswa yang berprestasi dipilih untuk mengikuti programnya.

3. Bogazici University

Berdiri pada tahun 1863 di sisi selat Bosphorus kampus ini juga dikenal dengan universitas Bosphorus.  Salah satu hal yang membuat anda nyaman kuliah disini adalah pemandangan yang indah menghadap ke Bosphorus dan benteng Rumeli Hisar.

Jurusan yang ada di universitas ini adalah jurusan yang di gemari oleh pelajar-pelajar dari Indonesia, seperti pendidikan, ilmu terapan, teknik mesin, serta ilmu sosial. Mahasiswa di kampus ini pun terkenal bagus-bagus dan banyak yang perprestasi.

4. Marmara University

Siapa yang tidak kenal dengan  Recep Tayyip Erdogan? yaa, beliau adalah presiden negara Turki saat ini yang fenomenal dengan mengembalikan lagi fungsi Hagia Shophia menjadi Masjid. Beliau adalah salah satu dari lulusan universitas yang didirikan pada tahun 1883 yaitu Marmara University.

Marmara University memiliki 13 Fakultas. Jurusan favorit di universitas terbesar kedua ini adalah jurusan sosial, teologi, ekonomi dan hubungan internasional. Bahasa yang digunakan kampus ini adalah Turki, Prancis dan Jerman.

5. Uskudar University

Universitas uskudar didirkan pada tahun 2011. Terbilang cukup muda, namun universitas ini adalah pertama yang memusatkan kajian di bidang kemanusiaan. Alasannya karena pendiri Uskudar University berlatar belakang  yayasan dibidang nilai-nilai kemanusiaan dan kesehatan mental.

Selain itu Uskudar University berkontribusi dalam struktur sosial ekonomi dan budaya negara serta memfasilitasi pendidikan dan penelitian di tingkat internasional terutama dibidang kesehatan, sains, sejarah, pariwisata dan manajemen sumber daya budaya.

6. Mimar Sinan Fine Arts University

Mimar Sinan Fine Arts University yang terletak di Findikli, Istanbul, Turki adalah kampus yang mumusatkan pendidikan dan mengembangkan bakat seni terutama di bidang karya seni rupa. Banyak seniman-seniman dari Turki bahkan internasional yang terlahir dari kampus ini.

7. Istanbul Aydin University

Didirikan pada tahun 2007 oleh yayasan pendidikan dan kebudayaan Anadolu, kampus ini memiliki pusat pengajaran, aplikasi dan pembelajaran bahasa Turki atau yang disebut TOMER.

Istanbul Aydin University (IAU) mempunya slogan kampus “ Towards A Bright Future “ yakni untuk masa depan yang cerah. Sehingga kampus IAU mempunyai program perencanaan masa depan bagi mahasiswa dengan mengembangkan karir yang ada di kampus. Caranya dengan memperkenalkan dengan dunia bisnis sejak dini, bahkan sebelum lulus mereka sudah diperkenalkan dengan mitra bisnis universitas dan diperkenalkan pada orang-orang terkenal pada berbagai macam acara yang diselenggarakan.

8. Istanbul Medeniyet University

Didirikan pada tahun 2010, kampus ini memiliki 11 Fakultas yakni kedokteran, ilmu kesehatan, arsitektur, ilmu politik, sastra, ilmu pengerahuan alam , aviasi atau penerbangan, hukum, pendidikan, desain, pariwisata.

Istanbul Medeniyet University menyediakan fasilitas penelitian dan laboratorium yang sebanyak-banyaknya untuk mahasiswa. Beberapa pusat penelitian IMU yakni, Pusat Pendidikan Seumur Hidup (SEM), Pusat Pendidikan Jarak Jauh (UZEM), Pusat Studi Peradaban (ISMAM) dan Pusat Penelitian Psikologi.

Sebagai universitas Internasional IMU juga bekerja sama dengan banyak universitas di dunia melalui program Erasmus. Selain itu IMU juga memiliki program pertukaran pelajar yang disebut Mevlana and Farabi Exchange.

9. Halic University

Halic University didirikan pada tahun 1998 dikenal juga dengan nama Golden Horn University. Diberi nama tersebut karena berkaitan dengan misi kampus untuk mengembangkan pengetahuan ilmu sains dan teknologi di Turki.

Universitas Halic memiliki 5 fakultas yaitu, fakultas sains, arsitektur, seni rupa, teknik mesin dan bisnis. Selain itu kampus ini memiliki sekolah kesehatan dan keperawatan. Oleh karena itu Halic University jadi salah satu kampus favorit di Turki.

10. Isik University

Isik University didirikan pada tahun 1996 yang berada di lokasi dekat dengan pantai sile di Istanbul. Universitas ini bergedung megah yang didirikan oleh yayasan sekolah Feyziye Istanbul. Dengan desain yang modern juga dilengkapi bermacam-macam fasilitas seperti perpustakaan, fasilitas olahraga, galeri dan laboratorium yang lengkap.

Universitas ini memiliki 4 fakultas yakni, sains, seni rupa, ekonomi dan teknik serta 2 institut. Sistem pendidikan di kampus ini adalah menggabungkan antara pembelajaran akademik dan praktek dengan berfokus pada penelitian ilmiah. Selain itu pemandangan pantai yang indah juga biasa dimanfaatkan oleh mahasiswa dikala waktu senggang dan untuk sekedar menghilangkan jenuh pembelajaran di kampus.

11. Sabanci University

Mulai didirikan pada tahun 1994 oleh Sabanci Group dengan melibatkan 50 akademisi dari 22 negar , dan pada tahun 1999 dimulailah Sabanci University sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di Turki. Kualitas fakultas dan jurusan di universitas Sabanci terbilang diatas rata-rata begitu juga dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Oleh karena itu Sabanci University dijadikan sebagai universitas percontohan bagi universitas-universitas lainnya hingga menduduki peringkat ke 14 verso EECA di tahun 2016. Padahal Universitas Sabanci masih terbilang usia muda sejak berdirinya.

12. Koc University

Koc University didirikan pada tahun 1993. Program study yang disediakan di universitas ini sangat beragam, terdapat 22 program untuk sarjana, 31 program untuk magister dan 16 program untuk tingkat doctoral. Program-program tersebut dari berbagai bidang ilmu.

Kampus ini masuk urutan ke-5 universitas terbaik yang ada di Turki. Karena terwujudnya dalam bentuk kontribusi pentingnya peningkatan pendidikan, pengetahuan dan pelayanan dalam dan luar negeri. Hal ini yang menjadikan Koc University menjadi salah satu kampus favorit.

13. Ozyegin University

Ozyegin University didirikan pada tahun 2007 dengan arsitektur desain bangunannya perusahaan yang sama dengan mendesain gedung-gedung universitas Cambridge dan universitas Princeton. Sehingga kampusnya terasa sangat nyaman dan tenang.

Hingga saat ini Ozyegin University memiliki 4 fakultas yakni, Seni dan Desain, Ekonomi, Teknik Mesin dan  Arsitektur. Pada perkembangannya kampus ini membuka proyek-proyek baru yang memiliki potensi komersialisasi. Lalu menerbitkan artikel jurnal secara internasional.

14. Yildiz Technical University

Yildiz technical University adalah salah satu universitas tertua yang ada di Turki. Didirikan pada tahun 1911 saat turki dipimpin oleh Sultan Ottoman Mohamed rashad dengan dukungan kementrian tenaga kerja dengan nama konduktor Mekteb-I Alisi.

Universitas ini mendedikasikan pendidikannya untuk pengembangan ilmu teknik, ilmu alam dan ilmu sosial. Beberapa fakultas yang dimiliki universitas ini adalah teknik elektro dan elektronik, sains dan seni, teknik mesin, teknik kelautan, ilmu manajemen, ekonomi, teknik sipil, arsitektur, mineral, kimia, pendidikan dan desain. Selain itu terdapat sekolah tinggi seni.

Di kampus ini juga memiliki beberapa pusat penelitian ilmiah salah satunya adalah taman teknis. Taman teknis mendukung proyek yang dilakukan pleh mahasiswa bahkan alumninya. Oleh sebab itu kampus ini sering memperoleh penghargaan dari TUBITAK, suatu organisasi yang mendukung penelitian ilmiah di Turki.

15. Acibadem University

Selanjutnya adalah Acibadem University, Universitas ini berfokus pada pendidikan di bidang kesehatan. Pendirian Acibadem University di sponsori oleh Kerem Aydinlar, CEO Acibadem Healthcare Group, sebuah lembaga kesehatan terdepan di Turki.

Universitas ini menyediakan segala bentuk program pendidikan kesehatan. Tujuannya menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan terbaik dari lulusan universitas ini.

16. Bahcesehir University

Bahcesehir University terletak di tepi selat Bosphorus, dengan pemandangan yang indah dan menjadi salah satu wisata wajib jika mengunjungi Turki. Kampus ini memiliki 7 Fakultas yang terdiri dari ilmu sains dan ilmu sosial. Selain itu terdapat program cooperative education yang mengedepankan pengalaman kerja. Selain itu, kampus ini menyediakan sekolah persiapan bahasa Turki untuk para mahasiswanya yang berasal dari luar Turki.

Baca Juga : Jurusan dan Biaya Kuliah di Istanbul University

17. Istanbul Bilgi University

Universitas Bilgi Istanbul memiliki 6 fakultas yaitu, Komunikasi, Arsitektur, Ekonomi, Hukum, Sains dan Sastra, Teknik mesin serta memiliki 2 sekolah pascasarjana. Universitas ini tergabung  dan aktif dalam anggota Asosiasi Universitas Eropa.

Sejak didirikan Istanbul Bilgi University menjalankan misi membangun komunitas budaya dan ilmiah yang mempromosikan toleransi dan rasa hormat terhadap beragam individu. Yaitu menjadikan universitas yang mejalankan nilai-nilai multicultural.

18. Istanbul Commerce University

Didirikan sejak tahun 2001 oleh Dewan Perniagaan Istanbul sebagai Universitas swasta nirlaba pertama di Turki. Meskipun universitas swasta Istanbul Commerce University banyak diincar oleh mahasiswa-mahasiswa dari mancanegara, sebab memiliki jaringan yang luas dengan berbagain universitas lain secara internasional termasuk universitas yang tergabung pada Erasmus ataupun universitas yang ada di Amerika Serikat.

Tidak hanya itu Istanbul Commerce University juga mempunyai program pertukaran pelajar dan berkesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri. Dun juga sebaliknya menerima pelajar dari luar negeri yang menjadi peserta program pertukaran pelajar. Sehingga terjadi jaringan yang erat antar pelajar mancanegara.

19. Istanbul Kultur University

Istanbul Kultur University didirkan pada tahun 1997 oleh yayasan pendidikan perguruan tinggi kultur (KEV). Universitas ini memiliki 3 kampus yang berlokasi di Sirinevler, Incirli, Atakoy. Memiliki 8 fakultas yakni hukum, sains, seni, ekonomi, teknik, mesin, arsitektur dan pendidikan.

20. Kadir Has University

Kadir Has University didirikan pada tahun 1997  Oleh Yayasan Kadir Has yang bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang terampil, percaya diri dan dinamis, sehingga menjadi tokoh dan mampu memimpin masyarakat di masa depan.

Universitas ini memiliki 7 fakultas yang hampir kesemuanya unggulan dan banyak diminati oleh mahasiswa. Fakultas-fakultas tesebut adalah komunikasi, ekonomi, seni rupa, hukum, teknik mesin, sosial dan humaniora, dan sekolah vokasi.

Sebagian program jurusan di universitas ini mengginakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Karenanya sekitar 200 lebih mahasiswa internasional dari 39 negara berada di universitas ini.

Itulah beberapa universitas yang berada di kota Istanbul, Turki yang bisa kalian pilih sebagai rujukan ingin kuliah di universitas mana nantinya. Masing-masing universitas memiliki keunggulan yang bisa saja menarik minat kalian.

Baca Juga : Berencana Kuliah di Sakarya University? Inilah Yang Perlu Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *