5 Fakta Umat Islam di Turki

Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, negara asal bunga tulip ini kerap menjadi tujuan wisata setelah melakukan Umroh dari Mekkah dan Madinah. kenapa? Tentu kita semua tahu bahwa sejarah Islam tidak bisa dipisahkan dari bangsa dan negara Turki.

Bagaimana itu terjadi? Selama 600 tahun, Islam begitu jaya di negeri ini sehingga gemanya terdengar hingga ke Eropa. Sekarang, apakah ada jejak Islam di dinegara ini? Jika Anda melihat situs dan artefak bersejarah, tentu saja ada lebih banyak lagi. Tapi bagaimana dengan budaya dan orang-orangnya? Berikut ulasan tentang keadaan Islam di Turki.

Umat Islam Turki Gemar Berdo’a

Jika memperhatikan gaya berpakaian orang Turki, memang tidak begitu tertutup layaknya orang-orang bangsa Arab. Namun, jangan salah, orang Turki sangat menyukai sholat dan memanjatkan do’a. Kebiasaan baik ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi sejak zaman Turki Usmani, seperti yang Anda ketahui.

Contohnya adalah kita akan terbiasa mendengar pujian pada masakan rumah yang dimasak ibu atau istri dengan kalimat “Masakanmu enak, semoga tanganmu Allah sehatkan selalu.”

Beberapa hal sepele, seperti perasaan senang saat memberi hadiah, lalu dengan senang hati warga Turki akan memeluk Anda beberapa kali (jelas sesama jenis, ya) dan mengucapkan ratusan bait doa, meskipun hadiah yang Anda berikan tampak sepele. Wah, budaya Islam yang cukup baik untuk dicontoh ya, rajin berdoa dan saling mendoakan.

Mereka percaya bahwa do’a memang senjata paling ampuh bagi umat Islam. Untuk itu, keadaan Islam di Turki cukup membuat mahasiswa Indonesia nyaman belajar di Turki.

Suka Menyapa dan Memberi Salam

Ya, sapaan awal assalamualaikum tidak hanya akrab di telinga dan mulut kita, warga Turki juga sangat suka menyapa, bahkan kepada turis. Ini adalah salah satu budaya agama Islam yang didirikan di Turki ratusan tahun yang lalu.

Ucapan salam juga berarti doa dalam Islam. Jadi rasul mewajibkan kita untuk menjawab salam orang Islam lainnya. Dengan menyebarkan salam, kita juga menyebarkan doa.

Inilah yang dilakukan orang Turki secara tidak langsung. Anda sering mendengar pujian dari warga lain, Negara Turki saat ini adalah negara yang makmur dan damai.

Jadi ketika Anda berada di Turki, Anda akan menemukan bahwa keadaan Islam di Turki tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Anda tidak akan merasa aneh.

Keadaan Masjid dan Wanita Turki

Kita di Indonesia sudah sangat terbiasa melihat wanita sholat di masjid atau mushola. Namun, Anda akan jarang menemukannya di Turki. karena? Faktanya, wanita Turki tidak memiliki budaya bepergian tanpa mahram mereka. Inilah situasi Islam di Turki.

Nah, hal menarik lainnya adalah masjid ini sering dikunjungi para lelaki. Selain menjadikan masjid sebagai tempat shalat, mereka juga menjadikan masjid sebagai tempat belajar dan berkumpul.

Bagi wanita yang mungkin akan melakukan jalan-jalan dan harus sholat di masjid, yang memakai celana jeans akan menggunakan baju kurung atau mukena kalau disini yang disediakan masjid. Sedangkan bagi wanita yang sudah memakai rok, tidak lagi memakai mukena yang disediakan.

Takjil Gratis Selama Ramadhan

Saat Ramadhan tiba, seperti semua negara Muslim lainnya, warga Turki sangat antusias menyambut bulan yang penuh berkah ini. Salah satu hal yang menarik dari keadaan Ramadhan di Turki adalah banyaknya tenda yang menyediakan makanan gratis.

Hampir semuanya berbuka puasa di tenda-tenda, dan mereka berasal dari kelompok yang berbeda, bukan hanya orang miskin atau orang kaya.

Menu yang ditawarkan juga bervariasi, setiap orang akan mendapatkan kurma, air mineral, nasi, daging, sop dan kue-kue manis. Makanan penutup di Turki biasanya kue manis dan teh panas. Wah, menunya banyak sekali yaa.

Muslim Turki Sangat Memuliakan Tamu

Yang istimewa dari mengunjungi Turki adalah bagaimana mereka sangat menghormati tamu yang datang dan menginap di rumahnya. Tentu saja konsep ini sama dengan keadaan umat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW.

Karena itu, ketika Anda mengunjungi Turki, Anda tidak perlu khawatir dengan layanan teman atau kenalan Anda di sana. Insya Allah, mereka akan memperlakukan Anda dengan baik.

Orang Turki percaya bahwa tamu membawa berkah dari Allah. Itu membuatnya sangat senang ketika para tamu datang.

Tak heran jika acara tamu berakhir di tengah malam atau berlangsung selama beberapa hari. Tuan rumah sendiri akan Menjamu tamu rumahnya sebaik mungkin. Wah, konsep Islam yang sangat bagus untuk ditiru.

Mengetahui beberapa budaya masyarakat Turki yang cukup religius, Insya Allah negara Turki juga sangat aman dan Islami sepenuhnya. Hal ini tentunya akan menentramkan hati mereka yang ingin berwisata atau bahkan melanjutkan studi di Turki.

Inilah keadaan Islam di Turki yang perlu diperhatikan bagi yang ingin melanjutkan studi di Turki. Anda akan merasakan keindahan Islam dalam keramahannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

Dafabet

my 11 circle

betway

rummy apk

rummy gold

ipl win

Jeetbuzz

lotus365

91 club

sky247

k9win

yono rummy

deity rummy

betvisa

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

rummy wealth

sky247