Mahasiswa Baru, Beginilah Etika Berkomunikasi Secara Online dengan Dosen

Perkuliahan sudah dimulai, namun mahasiswa belum sepenuhnya mengikuti kelas online. Hal inilah yang biasanya menghambat komunikasi antara siswa dan guru. Apalagi jika Anda adalah mahasiswa baru di kampus. Semua komunikasi yang Anda lakukan hanya terjadi menggunakan media sosial seperti WhatsApp.

Meski berkomunikasi melalui media sosial, bukan berarti tidak menggunakan etika yang berlaku. Etika yang benar harus digunakan saat berkomunikasi dengan dosen.

Agar lebih paham tentang cara berkomunikasi online dan tidak menimbulkan salah paham, yuk simak ulasannya berikut ini:

Perkenalkan diri anda di awal

Untuk berkomunikasi dengan dosen, Anda harus memperkenalkan diri di awal pesan WhatsApp Anda. Setelah memperkenalkan diri, jangan lupa untuk menunjukkan tujuan menghubungi guru.

Gunakan bahasa yang tepat

Untuk memudahkan pemahaman oleh guru, perlu menggunakan bahasa yang tepat dan langsung. Gunakan kata-kata yang tepat agar bahasa yang digunakan dapat dipahami dan dipahami oleh dosen.

Pilih waktu yang tepat untuk mengirim pesan

Anda juga perlu memperhatikan waktu pengiriman pesan. Anda tidak boleh sembarangan. Coba kirim pesan dosen di pagi hari. Anda juga dapat mengirim pada jam kerja. Jangan sms di malam hari, oke? Jadi nya tidak sopan.

Jangan mengharapkan jawaban segera

Dosen tidak hanya memiliki kegiatan dalam mengajar saja. Namun, guru juga memiliki kegiatan lain. Karena itu, jangan berharap guru Anda segera merespons. Tungguin deh untuk itu.

Jangan spam guru dengan chat

Jika chat Anda tidak segera dibalas oleh dosen, jangan pernah mengirim spam yaa. Dosen biasanya memiliki agenda lain yang lebih penting juga.

Namun, jika Anda tidak menjawab selama berhari-hari, Anda dapat meneleponnya kembali dengan kata-kata yang sopan. Kami tidak tahu apakah obrolan Anda ditumpuk dengan obrolan lain.

Jangan tersinggung jika menjawab singkat

Ketika guru menjawab singkat, bukan berarti guru tidak mau diganggu. Dosen biasanya menanggapi secara singkat karena mereka terlibat dalam kegiatan lain.

Sampaikan pesan dengan jelas dan ringkas sesuai tujuan

Saat berkomunikasi dengan dosen, tidak perlu menyampaikan pesan yang panjang lebar. Anda harus langsung ke intinya ketika Anda mengirim pesan kepada guru.

Meskipun berkirim pesan online tampaknya sepele, Anda tetap perlu menggunakan etiket dan sopan santun yang berlaku. Tetap semangat, teman-teman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

Dafabet

my 11 circle

betway

rummy apk

rummy gold

ipl win

Jeetbuzz

lotus365

91 club

sky247

k9win

yono rummy

deity rummy

betvisa

rummy nabob

rummy gold

rummy ola

rummy wealth

sky247