Mata Kuliah dan Prospek Kerja Jurusan Astronomi

Siapa yang bercita-cita menjadi astronot? Kalau iya, ada loh universitas jurusan yang cocok dengan profesinya, yaitu Jurusan Astronomi. Benarkah ada jurusan astronomi di Indonesia? dimana kuliahnya? Apa saja kursusnya? Dan bagaimana dengan peluang kerja setelah lulus?

Nah, jika kamu tertarik mempelajari astronomi, simak pembahasannya di sini!

Apa itu jurusan Astronomi?

Jurusan Astronomi adalah Jurusan yang mempelajari benda langit. Ilmu yang dipelajari disini menggunakan ilmu-ilmu dasar fisika, biologi, kimia dan evolusi yang berkaitan dengan bintang, planet dan benda luar angkasa lainnya.

Dengan berfokus pada penerapan fisika pada benda-benda langit, Anda akan mempelajari struktur dan evolusi alam semesta, mulai dari karakteristik, pergerakan, distribusi meteoroid, asteroid, komet, dan benda langit lainnya.

Pemahaman kimia, fisika dan matematika diperlukan untuk memahami fenomena alam pada skala waktu yang ekstrim, seperti pembentukan unsur helium dari hidrogen melalui reaksi fusi di inti matahari.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan Astronomi

Lalu bagaimana dengan mata kuliah jurusan astronomi? Keterampilan dan kemampuan yang akan Anda pelajari selama belajar astronomi adalah sebagai berikut:

Mata pelajaran yang didapat tidak jauh dari semua ilmu perbintangan, beberapa di antaranya adalah: Mata kuliah pertama adalah MIPA dan meliputi matematika, fisika dan sebagainya. Mata kuliah ini pada dasarnya akan mengulang materi yang diperoleh di bangku SMA, agar siswa lebih siap menyambut semester berikutnya.

Astrofisika

Topik selanjutnya adalah astrofisika, yang mempelajari fisika alam semesta dan sifat fisiknya. Seperti suhu, kepadatan, luminositas dan sebagainya.

Tata surya

Selanjutnya, ada matkul tentang tata surya dan, seperti namanya, di sini belajar tentang isi alam semesta dan fenomena yang dikandungnya. Jadi belajar tentang planet, satelit, bintang dan sebagainya.

Pengantar kosmologi

Mahasiswa astronomi juga menerima matkul pengantar kosmologi. Mata kuliah ini mempelajari sejarah alam semesta, yaitu asal mula terbentuknya alam semesta.

Sejarah astronomi

Seperti namanya, mata kuliah ini akan mempelajari sejarah astronomi. Ini termasuk menemukan segala sesuatu di bidang astronomi, seperti planet, satelit dan sebagainya.

Prospek kerja untuk lulusan Astronomi

Banyak sekali lowongan pekerjaan yang menunggu lulusan astronomi, mau tahu? Berikut adalah beberapa pilihan karir yang dapat Anda ikuti:

  • Astronaut
  • Ahli astronomi
  • Lembaga penelitian
  • Jurnalis Sains
  • Akademisi / Dosen
  • Analis system

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *